Next Post

Sambel Galendo Jeletot  Rayie,  Buatan UMKM Al Bil Sumedang Pedas nya Mantap Dipesan Hingga Kalimantan

Screenshot_20220610-163010_WhatsApp

Repoter : Jecky.S

SUMEDANG – Rasanya gurih dan  nikmat ,sambal Galendo Jeletot Rayie  buatan Usaha Kecil Mikro Kecil Menengah (UMKM) Albil berlokasi di Kecamatan Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat ini  ternyata kini sudah diminati hingga lintas  luar pulau Jawa, tepat nya  Kalimantan.

“Sambal Galendo Jeletot Rayie ini sudah dipesan orang Kalimantan tepat nya orang Singwang, dan kini juga saya sedang mempersiapkan pesanan dari orang Kalimantan juga tapi dari daerah Nunukan,”  ujar bunda Tini Kartini biasa dipanggil Upay, pelaku UMKM Al Bil Cokies  saat dihubungi awak melalui WA, Jumat, (10/6/22).

Dikatakan dia, awalnya sambal itu dibuat bersama kakak nya yang tinggal di Bandung, “waktu itu kita kepikiran kalau ampas dari minyak kletik. Kenapa kita  tidak buat sambal saja  Dan dicampur bumbu khusus yang diracik dengan cabe rawit ( cengek – Sunda) maka jadilah sambal  dengan nama Sambal Galendo Pedas yang rasanya gurih dan nikmat,” ujar Nyonya Upay.

Harganya cukup terjangkau, tambah dia,  hanya Rp 17.500  per pak  nya dengan berat  100 gram, ungkap nya, ” Dan untuk nama  ‘Rayie’ itu berarti ajaib”, tambahnya.

Lebih jauh ungkap  ia, dia  memulai usaha ini terbilang  baru, namun sebelumnya ia pun  sudah menjalankan  usaha di bidang  kue dan roti, “ini hanya melengkapi saja,” ucap nya.

Mudah – mudahan, lanjut nya, produksi ini berjalan mulus, “makin hari makin berkembang  dan intinya bisa nenambah penghasilan untuk menutupi kebutuhan keluarga,”  pungkas nya.

5 1 vote
Article Rating
SILAT JABAR-TV STREAMING

silatjab

Silatjab adalah media informatif, edukatif dan transparansi.
iklan Bawah 2-c
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x