Next Post

Pelantikan IPSI Purwakarta, Bupati : “Siap Berkolaborasi Wujudkan Visi dan Misi Melestarikan Pencaksilat”

Screenshot_20221029-101026_WhatsApp

“Pencaksilat merupakan olahraga yang memiliki sejarah dan nilai yang tinggi serta Pencaksilat sudah di akui Unesco”

PURWAKARTA – Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, menghadiri acara pelantikan pengurus Ikatan Pencaksilat Seluruh Indonesia (IPSI) cabang Purwakarta periode 2022-2026, bertempat di Pendopo Bale Paseban, Jumat, (28/10/2022). 

Ambu Anne berharap IPSI dibawah kepemimpinan, Muhammad Arif Kurniawan, optimistis serta mampu meningkatkan eksistensi dan prestasi.

Untuk itu, lanjut dia. Pemerintah Daerah Purwakarta siap berkolaborasi dengan IPSI Kabupaten Purwakarta, terlebih jika dilhat adanya kesesuaian visi misi antara Bupati dengan pembinaan untuk pemuda di Kabupaten Purwakarta.

”Saya, pemerintah daerah siap untuk berkolaborasi dengan IPSI Kabupaten Purwakarta berkaitan dengan itu, karena dianggap sejalan dengan visi misi saya juga selaku Bupati berkaitan dengan pembinaan untuk pemuda di Kabupaten Purwakarta,” tutur Ambu Anne dalam sambutannya. Jumat (28/10).

Dikatakan Ambu Anne, untuk teknisnya mungkin nanti ada beberapa OPD dalam pelaksanaan MOU kaitan dengan pembinaan dan pelatihan pencak silat di masing-masing OPD teknis seperti Dinas pendidikan satpol PP dan Disporaparbud, jadi di luar 3 OPD itu juga akan perluas.

Sementara, Ketua IPSI terpilih  Muhammad Arif Kurniawan mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan seremoni sesungguhnya, karena secara legal formalnya harus dilakukan pelantikan.

Menurutnya, sekaligus mengumpulkan semua perguruan untuk bersilaturahmi. Tapi ada hal lain yang jauh lebih penting dari itu adalah mereka merecovery kembali niat dan tujuan para perguruan silat.

”Untuk yang pertama, meningkatkan prestasi. Kedua pembinaan, kemudian yang ketiga kita menyatukan niat bahwa perguruan silat ini merupakan warisan dari leluhur bangsa negara kita perlu di lestarikan di Purwakarta,” kata ketua IPSI Muhammad Arif Kurniawan. Jumat (28/10/2022).

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika (No.2 dari Kanan), saat Pelantikan IPSI Purwakarta di Pendopo Bale Paseban. Jumat (28/10). Foto.dok. (Humas Diakominfo).*

Dikatakannya, saat ini jumlah perguruan yang sudah terdaftar di IPSI sebanyak 13 perguruan. Namun sebenarnya masih banyak perguruan yang belum terdaftar.

Untuk itu, kedepannya IPSI akan meregistrasi ulang didaftarkan sehingga terdata, untuk keseluruhan perguruan yang ada.

“Di Purwakarta ada sekitar 20 perguruan dari berbagai macam organisasi baik itu mewakili daerahnya, mewakili organisasi. Untuk yang terdaftar di IPSI sendir baru sekitar 13 perguruan, Insya Allah secepatnya kita akan lakukan penataan dan pembinaan,” pungkas Arif.

Sementara itu, mewakili Ketua Umum Pengprov IPSI Jawa Barat dalam sambutanya Asep Hendra Maulana menyampaikan akan dibangunannya kampung pencak silat di Jatinangor, Sumedang.

“Alhamdulillah, berkat perjuangan keras Ketua Umum IPSI Jabar, H. Phinera Wijaya, sehingga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil merealisasikan Kampung Pencak Silat seluas 8 Hektar berikut DED nya sudah keluar, dan Insya Allah tahun 2023 akan mulai dibangun,” papar nya.

Mengakhiri sambutan, ia berharap IPSI Purwakarta di bawah nahkoda Muhamad Arif mampu bersaing dengan kabupaten kota lain, seperti halnya di ajang Porprov XIV 2022 yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

Hadir dalam Pelantikan IPSI Purwakarta Periode 2022-2026, Bupati Ambu Anne Ratna Mustika, Wakil Ketua Umum Pengprov IPSI Jawa Barat, Asep Hendra Maulana, SH, MH, Wakil Sekretaris Umum B.Wahyudi, Ketua KONI Purwakarta, Forkopimda Purwakarta serta perwakilan paguron di Purwakarta. (Red).*

5 1 vote
Article Rating
SILAT JABAR-TV STREAMING

silatjab

Silatjab adalah media informatif, edukatif dan transparansi.
iklan Bawah 2-c
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x