News  

Ke Sembilan Kalinya, Kota Cimahi Kembali Raih Penghargaan Adipura

PJ Walikota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi Huzein Rachmadi, saat memperlihatkan Sertifikat Adipura yang Diraih Kota Cimahi. (foto:ist)

SILAT JABAR – Kota Cimahi berhasil kembali meraih sertifikat Adipura Tahun 2022 Kategori Kota Besar dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Penghargaan tersebut, diserahkan pada puncak peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 ,di Auditorium Dr. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Selasa, 28 Februari 2023 lalu.

Diraihnya sertifikat tersebut atas upaya kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi dalam pengelolaan sampah, dan ruang terbuka hijau wilayah kota tahun 2022.

Baca Juga:Masuk Pantai Istana Presiden Sukabumi Tidak Akan Gratis Lagi, Apa Alasannya?

Sertifikat Adipura diserahkan langsung Menteri LHK ,Siti Nurbaya Bakar, didampingi Direktur Jenderal Pengelolaan Limbah, Sampah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3), Rosa Vivien Ratnawati, kepada Pj. Walikota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan.

Hadir dalam penyerahan sertifikat Adipura tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi, Huzen Rachmadi.

Menurut Dikdik, keberhasilan meraih sertifikat Adipura merupakan upaya yang tidak hanya dilakukan Pemkot Cimahi saja, melainkan juga semua elemen masyarakat.

“Kita menerima penghargaan Adipura kategori kota besar dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang langsung diberikan oleh Ibu Menteri. Penghargaan ini hasil dari kerjasama antara seluruh pihak, termasuk masyarakat didalamnya,” ujar Dikdik, Rabu (01/03/2023).

Baca Juga:Kegiatan Pelepasan Peserta KKN Periode 1 IAIN Metro Lampung Disambut Dengan Baik Oleh Bupati Lampung Timur

Ke Sembilan Kali

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi, Huzen Rachmadi menambahkan, Kota Cimahi sudah meraih piala Adipura 7 kali, di tahun 2009, 2010, 2012, 2013, 2015 untuk kategori kota sedang. Dan di tahun 2016, 2017, 2018 dan 2023 untuk kategori kota besar.

“Kita mendapat 9 kali piala (Adipura), sekarang sertifikat. Karena, kita tidak ada TPA, dan TPA-nya masih open damping di TPA Sarimukti,” katanya.

Baca Juga :  Sering Susah Tidur Saat Mengandung? Inilah Beberapa Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil