Deklarasi Sanggar Seni, Wakil Bupati Sukabumi: Budaya Sunda Harus Tetap Lestari Untuk Menopang Pertumbuhan Ekonomi di Suatu Wilayah

 SILAT JABAR – Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri mengatakan bahwa budaya sunda harus tetap lestari untuk menopang pertumbuhan ekonomi di suatu wilayah. Demikian disampaikan H. Iyos saat deklarasi Sanggar Seni Pujaran Putra Pamingkis Bantargadung di Aula Kecamatan Bantargadung, Senin (6/3/23).

Melalui sanggar seni tersebut Kata Wabup Iyos, akan membawa sebuah perubahan mentality budaya terhadap masyarakat, juga akan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi.

“Kembangkan sanggar seni ini, sinergikan dan kolaborasikan dengan yang lain. Kita akan suport dan mudah-mudahan budaya kita ini tidak akan hilang oleh budaya-budaya luar,” ujarnya.

Baca Juga:Walikota Sukabumi Secara Resmi Tutup Rangkaian Kegiatan HPN 2023 PWI Di Kota Sukabumi

H. Iyos berpesan, agar setiap sanggar seni untuk berkolaborasi dengan lembaga pendidikan, khususnya kepada sekolah-sekolah baik PAUD, SD, SLTP dan SLTA. Hal itu agar budaya sunda bisa diperkenalkan terhadap generasi bangsa sejak dini.

“Budaya sunda ini harus di sosialisasikan kepada anak-anak kita, jangan sampai budaya sunda hilang tanpa makna tergerus oleh perkembangan zaman,” tegasnya.

H. Iyos berharap, sanggar seni tersebut untuk selaras dengan pemerintah agar budaya sunda di Kabupaten Sukabumi bisa bertahan dan berkembang.

Baca Juga :  Pencaksilat Bakal Jadi Mulok Disdik Jabar