Kodam III Siliwangi Dukung IPSI Jabar, Menjadi Tuan Rumah Internasional Pencak Silat Indonesia Open Championship 2023

Screenshot_20220723-073339_Gallery

Panglima Kodam III Siliwangi, Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo (Kiri), bersama Ketum IPSI Jabar, H. Phinera Wijaya (kanan), di Kiara Park, Bandung. Jumat (22/07/2022). Foto (Istimewa).*

Reporter : Liputan Khusus

BANDUNG Panglima Kodam III Siliwangi, Mayor Jenderal TNI Kunto Arief Wibowo, mendukung Pengprov IPSI Jawa Barat untuk menjadi tuan rumah pada kejuaraan level dunia, yakni Internasional Pencak Silat Indonesia Open Championship 2023.

Hal tersebut dikatakan Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, saat pihaknya menerima silaturahmi Ketum IPSI Jabar, H. Phinera Wijaya beserta jajaran di Kiara Park, Jln. Jakarta, Bandung. Jumat, (22/07/2022).

Berbicara Pencak Silat Jawa Barat itu gudangnya atlet serta paguron. Jika kejuaraan dunia seperti Indonesia Open Championship 2023 dapat dilaksanakan di Jabar, tentunnya ini hal yang positif dan sangat bagus. Kodam III Siliwangi sangat mengapresiasi,” tutur Mayjen Kunto Arief Wibowo.

Dikatakannya, Kodam III Siliwangi akan memberikan support serta berkolaborasi menjaga eksistensi budaya dan prestasi Pencak Silat di Jawa Barat. Terlebih, pasca ditetapkanya 12 Desember sebagai Hari Pencak Silat Jawa Barat.

“Kolaborasi diperlukan dalam penataan dan pembentukan atlet. Dimana TNI sudah mempunyai basic mental dan disiplin serta fisik yang memadahi, sehingga saya rasa tidak terlalu sulit untuk beradaptasi,” kata Mayjen Kunto Arief Wibowo pada awak media SILATJABAR.COM, Jum’at (22/07/2022).

Diakuinya, kaderisasi sangat diperlukan dalam mewujudkan prestasi. Saat ini Kodam III Siliwangi dibawah Satuan Perhubungan (Hubdam) terus eksis dalam melakukan pembinaan pencak silat.

Disinggung soal Kampung Pencak Silat, pihaknya mengaku sangat mendukung sekali. Pasalnya, hal tersebut merupakan simbol dan monumental infrastruktur yang sudah di rancang Pemprov Jawa Barat.

“Kita bagian dari komponen yang lain, tentara berusaha untuk ikut hadir. Dan Kodam III Siliwangi siap berpartisasi dan berkolaborasi untuk mewujudkannya,” pungkas Jenderal Bintang Dua Lulusan Akmil 1992.

Sementara itu, H. Phinera Wijaya, S.E, Ketua Umum Pengprov IPSI Jawa Barat, pihaknya mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh Kodam III Siliwangi.

“Luar biasa panglima, beliau ini sangat visioner dalam mengimplementasikan tata kelola olahraga. Insya Allah, saya meyakini kolaborasi IPSI Jabar dengan Kodam III Siliwangi kedepan, akan lebih baik dalam mewujudkan sinergitas, baik budaya dan prestasi,” kata Kang Icak panggilan akrabnya.

Untuk kolaborasi lain, jika melihat paparan Pangdam III Siliwangi, lanjut kang Icak. Banyak potensi dari SDA dan SDM yang dimiliki, IPSI Jabar dapat bekerja sama yang lebih spesifik dalam meningkatkan kualitas dan kemandirian yang berdaya saing.

“Ini adalah peluang besar, pemanfa’atan sumber daya alam (SDA) yang dikelola oleh Kodam III Siliwangi dapat dijadikan contoh oleh tiap pengkab/ pengkot di daerah. Dan ini bisa lebih meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan pencak silat, lebih jauh nanti kita tindaklanjuti,” tutur kang Icak, yang juga sebagai Ketua Komisi III DPRD Jawa Barat.

Seperti diketahui, kata dia. Penunjukan Pengprov IPSI Jawa Barat untuk menjadi Panpel Internasional Indonesia Open Championship 2023, usai Ketua Harian, Ketua Bidang Organisasi dan Wakil Sekretaris audiensi dengan PB IPSI di Jakarta, Selasa (19/07/2022).

“Kita tunggu aja suratnya seperti yang di sampaikan Ketua Harian PB IPSI, baru koordinasi lebih lanjut. Intinya kita siap melaksanakannya,” tutup kang Icak. (Red).

5 1 vote
Article Rating
SILAT JABAR-TV STREAMING

silatjab

Silatjab adalah media informatif, edukatif dan transparansi.
iklan Bawah 2-c
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x