Budaya  

Pemkot Cimahi Gelar Malam Anugerah Kebudayaan 2023

CIMAHI -Pemerintahan Kota Cimahi melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olahraga (Disbudparpora) menggelar acara, Malam Anugerah Kebudayaan Tahun 2023, di Gedung Sudirman Rabu (13/12/2023)

Digelarnya acara tersebut dalam rangka untuk melestarikan, mengembangkan dan memajukan budaya daerah sekaligus pengembangan promosi wisata di Kota Cimahi.

Pj. Wali Kota Cimahi Dicky Saromi yang hadir membuka acara Anugerah Kebudayaan Tahun 2023 tersebut dalam sambutannya memberikan apresiasi terhadap kinerja para pelaku budaya perseorangan maupun kelompok karena komitmennya dalam melestarikan peradaban kebudayaan di Kota Cimahi.

“Pada malam anugerah kebudayaan ini kita benar-benar mengapresiasi terhadap budayawan dan seniman di Kota Cimahi dan karya-karyanya untuk kita lestarikan dan nantinya akan kita tampilkan, karena itulah yang bisa kita banggakan sebagai salah satu warisan yang harus kita hargai untuk kedepannya,” papar Dia.

Lebih lanjut Dicky menjelaskan bahwa budaya merupakan representasi, gambaran kepribadian suatu daerah atau bangsa. Pengelolaan seni berkembang bersamaan dengan semakin meningkatnya kreativitas manusia dan menguatnya minat masyarakat terhadap seni dan budaya, sehingga para seniman dituntut untuk menyajikan karya-karya yang lebih selektif menarik, inovatif dan berkualitas.

“Saya ucapkan terima kasih dan selamat kepada para peraih anugerah kebudayaan Kota Cimahi tahun ini. anugerah ini bernilai lebih dari sekadar penghargaan, tetapi menyimpan semangat untuk terus menguatkan kolaborasi dalam upaya kita mengembangkan ekosistem kebudayaan di Kota Cimahi,” Tandas Dicky.

Begitu pula menurut Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi Achmad Nuryana juga menyampaikan laporannya, bahwa tujuan diberikan anugerah kebudayaan ini, adalah untuk,

1) menumbuhkan keinginan serta komitmen masyarakat dalam melestarikan tradisi warisan leluhur,

2) memberikan anugerah kepada sejumlah orang/kelompok yang dianggap berperan penting dalam memajukan kebudayaan di kota Cimahi.

Baca Juga :  MASPI Bersama IPSI, Kolaborasi Kembangkan Tradisi Budaya Pencak Silat

“Kami berharap, kegiatan ini dapat semakin memperkuat perspektif masyarakat agar menyadari pentingnya berkarya untuk daerah melalui kebudayaan,” terang Ahmad Nuryana.

Diberikannya Anegerah Kebudayaan tersebut, merupakan bentuk perhatian Pemerintah terhadap masyarakat yang konsisten berkontribusi, berprestasi dan berdedikasi tinggi terhadap pemajuan kebudayaan di Kota Cimahi, yaitu seniman, budayawan, praktisi, akademisi individu maupun kelompok yang segala tindak tanduknya baik secara langsung maupun tidak langsung, telah memberikan kontribusi nyata terhadap upaya-upaya pelestarian dan pemajuan kebudayaan di Kota Cimahi. (Red).*