DPRD  

DPRD Jabar Pastikan Fungsi Dewan Tetap Jalan, Meski Telah Memasuki Tahun Pemilu

Anggota DPRD Jawa Barat Daddy Rohanady saat memberikan keterangan di Bandung, Jawa Barat, Rabu (25/10/2023). (ANTARA/HO-DPRD Jabar)

BANDUNG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  Provinsi Jawa Barat memastikan tugas dan fungsi dewan tetap berjalan sebagaimana mestinya, meski memasuki tahun Pemilihan Umum (Pemilu). 

“Tapi saya yakin kawan-kawan dewan di DPRD Jawa Barat paham akan tanggung jawab terhadap tugas dan fungsinya,” kata Anggota DPRD Jawa Barat Daddy Rohanady di Bandung, Rabu.

Daddy mengatakan pihaknya yakin terhadap 120 dewan di DPRD Jabar memahami terhadap tugas dan fungsinya sebagai wakil rakyat meskipun sedang memasuki tahapan Pemilu.

Ia menambahkan saat memasuki tahun politik ini, akan banyak penyesuaian di berbagai kegiatan atau pembahasan yang akan dilakukan DPRD Jawa Barat.

“Dewan DPRD Jabar sekarang memang relatif sibuk di daerah pemilihannya masing-masing. Jadi, kemarin kami menyepakati beberapa pembahasan dicoba dikurangi frekuensinya,” katanya.

Salah satu yang bisa disesuaikan, lanjut dia soal pembahasan APBD murni yang bisa dipercepat atau disesuaikan waktu pembahasannya.

“Saya pikir, pembahasan dan pengesahan APBD tidak harus menunggu sampai batas akhir. Apabila dari regulasi diperbolehkan dibahas dan disahkan di akhir November,” kata dia.

Ia berharap pengesahan APBD murni di DPRD Jabar bisa berkaca pada Provinsi Jawa Timur yang bisa mensahkan setiap tanggal 10 November. 

“Hemat saya, kenapa harus menunggu sampai akhir November jika bisa dipercepat seperti yang biasa dilakukan Jawa Timur,” kata dia.

Baca Juga :  Antisipasi Kenakalan Remaja Selama Ramadhan, DPRD Kab. Sukabumi Minta Peran Aktif Semua Pihak