Next Post

Sulap Bukit Jadi Sawah, Usep Wawan Apresiasi Karang Taruna Desa Caringin

IMG_20210527_061054

Pewarta : Agus stiawan

KAB.SUKABUMI-  Usep Wawan anggota Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi, disela-sela kesibukannya dalam menjalankan aktivitas menyempatkan berkunjung Ke desa Caringin Kecamatan Cisolok Kab.Sukabumi, Selasa,(25/5/2021).

Ketua Fraksi Gerindra ini berkunjung dalam rangka meninjau kegiatan cetak sawah baru yang digagas oleh karang taruna Desa Caringin.

Usep Wawan  mengatakan, Indeks Desa Membangun (IDM) merupakan Indeks Komposit yang dibentuk berdasarkan tiga indeks, yaitu Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan cetak sawah baru yang digagas oleh Karang Taruna Desa Caringin, walaupun dilakukan dengan dana swadaya tapi bisa terwujud,” kata Usep wawan.

Menurutnya, kebijakan dan aktivitas pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa harus menghasilkan pemerataan dan keadilan, didasarkan dan memperkuat nilai-nilai lokal dan budaya, serta ramah lingkungan dengan mengelola potensi sumber daya alam secara baik dan berkelanjutan.

Usep Wawan menambahkan dalam menjalankan penyelenggaraan Pemerintahan Desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ditegaskannya kebersamaan adalah modal sosial yang sangat diperlukan untuk efektivitas pemberdayaan masyarakat.

“Kegagalan program pemberdayaan bisa terjadi karena kurang sinergi dan koordinasi antar-pemangku kepentingan yang terlibat langsung ataupun tidak langsung,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Desa Caringin  Boby menuturkan, kepada silat jabar bahwa ini semua tidak terlepas dari pertimbangan keuntungan dan manfaat yang akan di dapat oleh masyarakat ketika gundukan tanah berupa bukit di kelola menjadi sawah atau lahan .

“Semoga apa yang kami gagas ini bisa menjadi percontohan dan semangat karang taruna di daerah lain untuk bisa berinovasi untuk pemberdayaan masyarakat,” tuturnya. (Red/JBR).***

5 1 vote
Article Rating
SILAT JABAR-TV STREAMING

silatjab

Silatjab adalah media informatif, edukatif dan transparansi.
iklan Bawah 2-c
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x