Next Post

Phinera Wijaya Kembali Pimpin Pencak Silat Jawa Barat

20220111_120105-min (2)

Ketua Umum IPSI Jabar terpilih, H. Phinera Wijaya, SE, (Kanan) saat menerima SK-Musprov ke XI Tahun 2022 Pengprov IPSI Jawa Barat dari Pimpinan Sidang Dr. Khaerul Syobar, MM, di Hotel Preanger. Selasa (11/01/2021).

Reporter : Liputan Khusus

BANDUNG – Secara aklamasi melalui Musyawarah Provinsi (MUSPROV) Ke-XI tahun 2022, Ikatan Pencak Silat Jawa Barat menetapkan H. Phinera Wijaya,SE sebagai Ketua Umum Pengprov IPSI Jabar Periode Tahun 2022-2026, bertempat di Hotel Preanger, Jln Asia Afrika, Bandung. Selasa (11/01/2021).

Musprov ke- XI IPSI Jabar tersebut dihadiri langsung oleh utusan perwakilan PB IPSI, Laksamana Muda TNI (Purn) Dr. Djajeng Tirto,S,S.Pi, SH, MH dan dari KONI Jabar diwakili oleh Agus Salide serta unsur pengurus pengprov IPSI Jawa Barat.

Dalam sambutanya, Djajeng Tirto mengaku bangga akan prestasi pencaksilat  yang diraih Jawa Barat. Pasalnya, hingga saat ini IPSI Jabar banyak melahirkan atlet-atlet potensial dari paguron- paguron besar.

“Perlu diakui, saat ini IPSI Jabar adalah barometer pencaksilat nasional karena melahirkan atlet-atlet pelatnas. Bahkan, atletnya banyak berprestasi di tingkat nasional maupun internasional,” tutur mantan Jenderal Bintang Satu TNI AL dari paguron Merpati Putih.

Untuk itu pihaknya berharap ketua terpilih nanti dapat melanjutkan progres yang telah disusun, sehingga dapat merealisasikan kampung pencaksilat Indonesia yang telah disampaikan langsung terhadap Ketua Umum PB IPSI, Probowo Subianto saat MUNAS IPSI kemarin.

“Intinya, kami PB IPSI mendukung realisasi kampung pencaksilat di provinsi Jawa Barat. Bahkan Prabowo saat itu berjanji bakal mengucurkan dana 5 Miliar sampai 10 Miliar untuk kampung pencaksilat. Insya Allah bakal kita dukung penuh,” tegas dia.

Sementara itu, Agus Salide mewakili Ketua Umum KONI Jawa Barat, pihaknya pun mengakui atas prestasi yang diraih pengprov IPSI Jabar baik tingkat nasional maupun internasional.

“Baru kemarin Pencaksilat Juara Umum di PON XX /2021 Papua, Asian Games 2018 lalu, SEA Games dan prestasi yang lainnya. IPSI Jabar selalu memberi kontribusi dalam perolehan medali untuk KONI Jabar. Hal inilah yang perlu digarisbawahi agar Muprov IPSI saat ini, dapat memilih ketua yang mampu melanjutkan progres yang sudah dicanangkan,”  ungkap dia.

Terkait kampung pencaksilat yang akan dibangun Pemprov Jabar, pada dasarnya pihaknya sangat mendukung terealisasi progres tersebut. Dikarenakan, pencaksilat selain beladiri juga merupakan warisan budaya tak benda milik bangsa indonesia yang telah diakui oleh UNESCO.

“Ya, saya harus bangga dong kalau itu terwujud. Pencaksilat itu kan bukan beladiri saja, tapi juga budaya. Selain itu, Jabar adalah gudangnya pencaksilat dan paguron, ini sangat tepat jika kampung pencaksilat ada di Jawa Barat,” kata Agus Salide Wakil Ketua I Bidang Organisasi KONI Jawa Barat.

Ditempat terpisah, Ketua Umum terpilih IPSI Jawa Barat, H. Phinera Wijaya,SE kepada SILATJABAR.COM, Selasa (11/01/2021), pihaknya mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan terhadap dirinya.

Menurutnya, Jabatan yang di emban saat ini merupakan amanah yang harus di pertanggungjawabkan pada masyarakat Jawa Barat, serta pengurus cabang kabupaten/kota, perguruan dan sang maha pencipta.

“Sebenarnya ini sangat berat sekali, karena jabatan dipertanggungjawabkan dunia dan akhirat. Tapi atas keinginan pengurus dan perguruan, Insya Allah saya ikhlas untuk menjalankan amanah kedepan lebih baik,” tutur kang Icak panggilan akrabnya.

Ia pun berharap dukungan semua pihak, baik pengurus dan perguruan agar progres yang dirancang dapat terlaksana sesuai harapan masyarakat Jawa Barat.

“Yang terdekat kampung pencaksilat, semoga ini dapat segera terwujud. Dan saat ini dalam progres yang tepat, tinggal melanjutkan saja. Untuk itu, mari kita dukung semua agar dapat berjalan lancar sesuai rencana IPSI Jabar dan Pemprov,” tutup Phinera Wijaya yang juga sebagai Ketua KOMISI III DPRD Jabar.

Turut hadir dalam acara, Sekum IPSI Jabar, H. Yoyo Yahya,SH. Bendahara Umum, Ir. H. Yusuf Munawar,MM, Wakil Ketua I Bidang Organisasi IPSI Jabar, Wakil Ketua II, III, IV dan jajaran pengurus IPSI Jawa Barat serta undangan. (Red).***

 

5 1 vote
Article Rating
SILAT JABAR-TV STREAMING

silatjab

Silatjab adalah media informatif, edukatif dan transparansi.
iklan Bawah 2-c
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x