Desa Cirendang Palabuhanratu, Kini Lebih Mudah Bikin KTP

Reporter : Wahyu Hidayat

SUKABUMI– SILATJABAR.COM- UPTD Disdukcapil Wilayah I Palabuhanratu melakukan pelayanan perekaman E-KTP dengan cara jemput bola ke Desa- Desa, Seperti halnya ke desa Cirendang Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi.

Hal ini berawal dari banyaknya permintaan dari Desa-Desa untuk adanya perekaman secara langsung, ungkap Kepala UPTD Disduk Capil , Endra Mulyana, Sabtu(27/2).

“Dalam merespon itu, akhirnya kami berinisiatif untuk membuat program.  Menjaring manula dan pemula dengan layanan ke daerah terpencil atau pelosok,” kata Endra Mulyana.

BACA JUGA

Hal ini dilakukan, dikarenakan minimnya akses jalan yang rusak dan tidak adanya akses internet di desa. Selain itu, lanjut Endra, masih banyak masyarakat yang belum punya E-KTP.

Masih kata Endra, program ini sebenarnya banyak manfaat yang didapatkan masyarakat, salah satunya jarak tempuh menjadi dekat.

“Kita lakukan pelayanan dikantor desa termasuk proses rekam dan cetak KTP,  dan selesai dalam satu hari,” jelas dia.

Ditempat yang sama, Kades Cirendang, Abdul Ajid mengatakan pihaknya mengaku bersyukur atas kemudahan yang diberikan dalam pembuatan KTP.

“Kami ucapkan terimakasih kepada UPTD Disdukcapil Palabuhanratu, ini merupakan terobosan bagus,” ujar Kades.

Hal senada dikatakan, Asep selaku tokoh masyarakat, pihaknya mengapresiasi atas kemudahan dalam pembuatan KTP.

Alhamdulillah, sudah terlaksana dengan baik dan lancar, terimakasih,” tutup Asep. (Wahyu Hidayat) ***

Editor : Sopandi

Baca Juga :  Seminar Nasional Pendidikan Vokasional, Kadisdik: Inovasi dan Kreativitas Tak Bisa Digantikan Kecerdasan Buatan