Perdana Pimpin Apel Pagi, Plh. Kadisdik: Jadikan PPDB Jabar yang Bermartabat

SILATJABAR – “Mari jadikan PPDB yang bermartabat bagi kita semua.”

Pesan tersebut disampaikan oleh Plh. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Mochamad Ade Afriandi saat memimpin apel pagi di Kantor Disdik Jabar, Kota Bandung, Senin (27/5/2024).

Plh. Kadisdik menegaskan, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) adalah pelayanan di bidang pendidikan yang harus dijalankan secara adil, transparan, dan akuntabel.

Hal ini, tambahnya, selaras dengan instruksi Pj. Gubernur Jabar bahwa tidak ada titipan dalam PPDB dan tidak ada transaksi. “Karena, kalau ada transaksi berarti mencederai PPDB yang adil, transparan, dan akuntabel. Jika ada transaksi maka kita tidak mempersiapkan pemimpin yang jujur di masa depan,” tegasnya.

Untuk itulah, lanjutnya, di PPDB 2024 ditambahkan filosofi, “Pemimpin jujur hadirkan sekolah jujur. Sekolah jujur hasilkan pemimpin jujur.”

Selain “Terdidik Terbaik”, menurutnya, filosofi tersebut menjadi pengingat bahwa semua ekosistem dalam pendidikan, khususnya di PPDB harus disikapi sebagai bagian untuk mempersiapkan generasi-generasi berikutnya, menjadi pemimpin yang jujur di masa depan. 

“Ini menjadi tantangan bagi kita untuk bisa membuktikan dan ini dimulai dari kita sendiri,” ucapnya.

Plh. Kadisdik pun mengajak semua jajaran di lingkungan Disdik Jabar agar bekerja secara terkoordinasi, tersinergi, dan tersinkronisasi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.*

Baca Juga :  PPDB SMA, SMK, SLB Jabar 2023, Tahap 1 Berjalan Lancar