Silaturahmi Idul Fitri 1445 Hijriah, Inovasi Unik SMAN 1 Cipatat di Bulan Syawal

SMAN 1 Cipatat menggelar silaturahmi Idulfitri 1445 H membawa kakaren dari rumah masing-masing, Senin (22/4/2024).

SILATJABAR – Ada pemandangan menarik pada momen silaturahmi Idulfitri 1445 Hijriah di SMAN 1 Cipatat, Kab. Bandung Barat, Senin (22/4/2024).

Selain ber-musafahah dan memanjatkan doa, seluruh keluarga besar SMAN 1 Cipatat membawa kakaren dari rumah masing-masing. Nastar, ketan, ulen, tumis-tumisan, ketupat hingga opor ayam hadir di tengah lapangan. Beberapa dikemas dengan rantang, toples hingga tempat makan kekinian. 

Kepala SMAN 1 Cipatat, Neneng Titin Suryati menuturkan, inovasi tersebut dinamakan “Jalmi Keren”, kependekan dari Jalin Silaturahmi Sambil Berbagi Kakaren. 

Ide tersebut muncul tak lepas dari kondisi geografis sekolah dan kearifan lokal yang masih dirawat oleh para guru. “Berawal dari kebiasaan guru-guru yang sering membawa kakaren setelah Lebaran, kita hadirkan inovasi ini untuk siswa. Tujuannya untuk saling berbagi dan melestarikan budaya kearifan lokal,” tuturnya.

Ia berharap, halalbihalal ini mampu meningkatkan rasa solidaritas, toleransi, dan kekompakan keluarga besar SMAN 1 Cipatat. 

“Bagi siswa, semoga silaturahmi dan berbagi kakaren ini menumbuhkan  toleransi, saling menghargai, dan mengajarkan kebaikan memberi kepada sesama,” pungkasnya

Baca Juga :  Bupati Bandung Minta Dunia Pendidikan Bebas Pungli