Next Post

Danlanal Bandung Resmikan Karya Bakti TNI-AL 2020 Di Palabuhanratu

IMG_20201024_174244

Reporter : Sopandi

SUKABUMI, Silatjabar.com,- Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Bandung, Kolonel Laut (P) Batos Leksono, memimpin acara pelaksanaan peresmian karya bakti TNIAL Tahun 2020.Jum’at (23/10).

Acara tersebut dilaksanakan di Keluarahan Palabuhanratu dan Desa Jayanti Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Dalam rangka memperingati HUT TNI AL ke-75 dan peringatan HUT Pangkalan Utama TNI-AL III ke-70.

Danlanal Bandung dalam sambutannya mengatakan, bahwa bakti sosial merupakan salah satu wujud kepedulian TNI-AL terhadap masyarakat yang terdampak COVID-19, khususnya di Keluarahan Palabuhanratu dan Desa Jayanti.

“Kami menghimbau kepada masyarakat, agar tetap semangat, taati aturan pemerintah dengan selalu menjaga jarak, gunakan masker dan rajin cuci tangan. Hal ini merupakan salah satu upaya pemutusan mata rantai terhadap penyebaran COVID-19,” himbaunya.

Selain itu, Danlanal juga menyampaikan untuk mengatasi masalah sosial kemanusiaan, utamanya dalam peningkatan perekonomian masyarakat.

Menurutnya, bukan hanya tanggung jawab Pemerintah pusat atau Pemerintah Daerah saja. Melainkan, juga tanggung jawab kita semua, kata dia.

Termasuk di dalamnya masyarakat itu sendiri, lanjut dia. Dengan situasi seperti sekarang ini, seharusnya kita memperkerkuat kebersamaan, kesetiakawanan sosial dalam wadah persatuan dan kesatuan.

Hal ini, sebagai perwujudan kemanunggalan TNI bersama rakyat yang dapat menumbuhkan jiwa semangat kebersamaan atau gotong royong dalam pembangunan daerah, imbuhnya.

Juga untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat, ditengah gencarnya program pembangunan nasional dan percepatan pembangunan daerah, katanya. Selain itu,juga untuk mendukung peningkatan ketahanan pangan nasional dalam pertahanan negara.

Dengan terpilihnya wilayah kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, sebagai sasaran bakti TNI-AL, menurut dia. Tidak lain karena memiliki posisi yang sangat strategis terutama dilihat dari sistem pertahanan negara.

“Oleh karenanya, pelaksanaan bakti TNI-AL Tahun 2020 ini, memiliki arti tidak hanya sebatas sebagai misi kemanusiaan saja, tetapi diharapkan dapat menjaga tetap utuhnya wilayah NKRI yang kita cintai ini,” tuturnya.

Dengan selesainya bakti TNI-AL Tahun 2020, diharapkan apa yang telah disumbangkan melalui program ini, kiranya dapat memberi manfaat kepada masyarakat Kelurahan Palabuhanratu dan Desa Jayanti.

Dalam kegiatan ini Danlanal Bandung membuka acara karya bakti TNI-AL tahun 2020, berupa renovasi 21 unit Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu), 1 unit mesjid ,1 unit mushola, 2 unit Pos Yandu, bakti kesehatan umum, penyaluran paket Sembako, bantuan alat kesehatan dan bantuan alat pencuci tangan kepada UPTD Puskesmas Citarik.

Dalam peninjauan lapangan,  warga yang mendapat bantuan renovasi Rutilahu, sarana ibadah dan sarana umum. Pihaknya mengaku, puas, terharu dan bangga kepada TNI AL, khususnya keluarga besar Danlanal Bandung. Sebagai mana disampaikan Ketua RW 21 Kampung Cipatuguran, Ujang Sudira.

Di hari kedua tepat dengan acara peresmian karya bakti TNI AL 2020, dilaksanakan Baksos berupa non fisik diantaranya khitanan massal serta pembagian paket Sembako secara simbolis dan pemberian alat kontak kepada masyarakat sekitar Kelurahan Palabuhanratu dan Desa Jayanti.

Hadir dalam acara, Laksamana TNI (Purn) A.Taufiqqurahman, Kesbangpol Provinsi Jawa Barat, Pj.Bupati Sukabumi, Ketua DPRD Kab.Sukabumi, Kapolres Sukabumi, Dandim 0622/Kabupaten Sukabumi, Danpuslatpur Marinir Antralina, para kepala Dinas terkait, jajaran Muspika Kecamatan Palabuhanratu, Lurah Palabuhanratu, Kepala Desa Jayanti, Ketua DPC.HNSI Kab Sukabumi, para Tokoh Masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan undangan lainnya.***

3 2 votes
Article Rating
SILAT JABAR-TV STREAMING

silatjab

Silatjab adalah media informatif, edukatif dan transparansi.
iklan Bawah 2-c
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x