Istilah Posisi dalam Permainan Futsal, Ada Apa Aja?

Ilustrasi: olahraga futsal.

SILAT JABAR – Bagi kalian yang suka olahraga beregu kalian bisa mencoba Futsal, olahraga yang dilakukan 5 orang dalam satu tim ini cukup seru dilakukan karena harus memasukan bola kedalam gawang lawang, hampir mirip dengan sepak bola namun dengan peraturan yang berbeda.

Olahraga ini dilakukan selama 2×20 menit dengan waktu istirahta 10 menit, apabila mengalami perpanjangan waktu ditambah 2×5 menit.

Namun di futsal juga bisa dilakukan adu penalti loh, hal itu dilakukan apabila kedua tim masih imbang hingga perpanjangan waktu.

Baca Juga: Keunggulan Jenis -Jenis Frame Sepeda, Apa Saja?

Dan perlu kalin tahu bahwa futsal memiliki posisi masing–masing loh yang diantaranya

  • Kiper

Mendengar kata kiper sudah jelas berhubungan dengan menjaga gawang agar tidak kebobolan, bedanya dengan sepak bola biasa adalah kiper bisa menyerang, hal itu bagaimana strategi yang dilakukan. Jadi jangan heran dalam permainan futsal kiper bisa mencetak skor saat menyerang.

Anchor

Baca Juga: Terlihat Sama Padahal Beda, Inilah Perbedaan Olahraga Baseball dengan Softball

Arti dari kata tersebut adalah jangkar, bisa diartikan posisi ini sebagai bek dan gelandang. Posisi ini cukup strategis karena berposisi bertahan namun harus bisa mengatur penyerangan agar bisa membuahkan hasil gol.

  • Flank

Dari namanya yang memiliki arti sayap dimana sudah menggambarkan posisi mainnya. posisi main ini mengisi kedua sisi lapangan permainan. Pemain yang berposisi flank bertugas menyerang, bertahan, dan menjadi penghubung antara belakang dan depan.

Posisi ini biasanya diisi oleh pemain yang memiliki kelincahan dan kecepatan tinggi, serta mempunyai daya jelajah lapang yang luas.

Baca Juga:Prilly Latuconsina Punya Klub Sepak Bola? Klub Sepak Bola Apa?

  • Pivot

Pivot ini merupakan posisi penyerang, biasanya pemain ini memiliki keterampilan dan insting gol yang kuat sehingga bisa membuahkan gol kedalam tim lawan. Hal ini sama dengan sepak bola yang berposisi sebagai striker.

Baca Juga :  Makan Di Malam Hari Bikin Diet Kamu Gagal? Makanan Ini bisa Anda Konsumsi Sebelum Tidur

Namun dalam suatu skema permainan, posisi ini bisa bertugas sebagai pengendali permainan layaknya anchor.

Nah sekarang udah taukan futsal itu bagaiamana, kira – kira kalian cocok diposisi mana?***(Joywick)