Budaya  

Diskominfo, KIM JSS Dan UI Gelar BIMTEK Operasional Drone Untuk Kesejerahan di Sukabumi

Reporter : Fikri Maulana

SUKABUMI, Silatjabar com,- Kelompok Informasi Masyarakat Jelajah Sejarah Soekabumi ( KIM JSS) bekerjasama dengan Universitas Indonesia menggelar Bimtek “Operasional Drone untuk Pengembangan Kesejarahan di Sukabumi” pada 31 Oktober s/d 01 November 2020, di Parakan Salak Kabupaten Sukabumi.

Acara yang diinisiasi KIM binaan Diskiminfo Kabupaten Sukabumi ini direspon antusias berbagai kalangan, hal itu terbukti telah diikuti 50 orang peserta dari berbagai kalangan diantaranya, pelajar, mahasiswa, Volunteer, pecinta alam, museum, penggiat sejarah , budaya serta intansi.

Bimtek yang tergolong special tersebut, karena ditengah situasi pandemi covid-19. Juga menghadirkan narasumber profesional dan terkemu. Seperti, Dr. Supriatna, MT, yang saat ini sebagai Kepala Bidang Geografi Universitas Indonesia.

Kegiatan Bimtek dimulai dari pengenalan jenis- jenis unit, spesifikasi, beragam pungsi, cara penggunaan hingga praktek langsung di lapangan.

Komunitas JSS, berharap dengan adanya kegiatan Bimtek, semakin membuka wawasan kesejarahan dan lebih bisa memanfaatkan tekhnologi terbaru secara positif.

Selsin itu, kata Komunitas JSS yang mewakilinya. Dengan Bimtek dapat menambah minat generasi milenial tentang arti pentingnya menggali potensi, mendokumentasikan serta melestarikan aset-aset bernilai Sejarah.

“Sebenarnya, masih banyak ODCB (Objek Diduga Cagar Budaya) yang mungkin bisa ditemukan,  bahkann bisa dimanfaatkan fungsi kesejarahannya secara maksimal,” pungkas Komunitas JSS menutup wawancara.

Editor : Sopandi

Baca Juga :  Jembatan Cirendang Ambruk, Tak Kunjung Diperbaiki Pemkab Sukabumi