Next Post

MASPI Bersama IPSI, Kolaborasi Kembangkan Tradisi Budaya Pencak Silat

IMG_20200815_192612-compress1

Reporter : Liputan Khusus

BANDUNG, Silatjabar.com,- Ketua Umum Masyarakat Pencak Silat Indonesia  (MASPI), Edwin Sanjaya, mengaku siap berkolaborasi dengan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) dalam mengembangkan dan melestarikan budaya Pencaksilat di tanah air.

Hal itu diungkapkan, Edwin Sanjaya saat menemui Ketua Umum IPSI Jawa Barat, H. Phinera Wijaya di Padepokan IPSI Jawa Barat, Jalan Pajajaran 35, Bandung. Kamis (07/08).

Ia mengatakan, pihaknya tetap berupaya dan konsisten mendukung IPSI JABAR dalam pengembangan Pencaksilat sebagai warisan Budaya. Terlebih, usai ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya harta tak benda.

“Kami  MASPI sebagai saudara muda dari IPSI dan PPSI, tentunya kami sangat mendukung sepenuhnya perjuangan dalam pengembangan Pencaksilat,” tutur Edwin.

Namun demikian, menurut edwin. Pihaknya lebih fokus kepada pengembangan seni dan tradisi budaya Pencaksilat. Bukan untuk cabang olahraga prestasinya.

“Di tahun 2021 nanti kita sudah ada agenda rutinitas  yaitu “TEMU PENDEKAR,” dan untuk kolaborasi dengan IPSI kita bisa program usai pandemi Covid-19 beres,” jelas Edwin Sanjaya pada Silatjabar.com. Kamis (07/08).

Bahkan, menurut Edwin. Hanya di provinsi Jawa Barat yang terlihat solid dalam pengembangan dan pelestarian seni tradisi budaya Pencaksilat.

“Di sini semua  harmonis, baik dari IPSI, PPSI maupun MASPI. Semua bersinergi, tidak ada yang merasa paling hebat, dan tetap menjaga marwah pencak silat,” tegas dia.

Sementara itu, Ketua Umum IPSI JABAR, H. Phinera Wijaya menyambut baik wacana kolaborasi MASPI. Pihaknya, berharap kerjasama bisa terwujud usai pandemi Covid-19 berakhir.

“Intinya saya setuju, masih banyak yang bisa kita lakukan dalam berkolaborasi. Meski memang untuk saat ini, situasi belum memungkinkan,” tutur kang Icak panggilan akrabnya.

Lebih lanjut, kata kang Icak. Pihaknya, meminta MASPI, lebih inten berkomunikasi untuk teknis pelaksanaan kedepannya. Menurutnya, hal itu dilakukan agar program yang direncanakan dapat terealisasi.

“Ya, saya harap jangan cuma wacana saja. Kita lihat prospek kedepannya, semoga semua berjalan dengan lancar,” tutur kang Icak yang juga sebagai anggota legislatif DPRD Provinsi Jawa Barat.***

2 1 vote
Article Rating
SILAT JABAR-TV STREAMING

silatjab

Silatjab adalah media informatif, edukatif dan transparansi.
iklan Bawah 2-c
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x