Kadisdik Beri Motivasi Siswa pada Expo Kreativitas SMA Terbuka, ini pesannya

KABUPATEN  BOGOR – “Resolusi terbaik adalah resolusi yang dijalani, bukan hanya harapan.”

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Wahyu Mijaya menyampaikan pesan tersebut kepada ratusan siswa dalam kegiatan “Expo Kreativitas SMA Terbuka” di Gedung Tegar Beriman, Kabupaten Bogor, Selasa (16/1/2024).

Oleh karena itu, Kadisdik mendorong siswa SMA Terbuka untuk belajar mengambil sebuah keputusan yang dianggap sulit. “Karena, hal ini akan menjadikan kemudahan hidup di masa yang akan datang. Tetapi, jika mengambil keputusan yang mudah di hari ini, Adik-adik tidak bisa belajar,” ucapnya.

Dalam kegiatan yang juga dihadiri oleh Pj. Bupati Bogor ini, Kadisdik pun menekankan bahwa keberhasilan seseorang bukan ditentukan dari lulusan mana dan bukan peringkat berapa di sekolah, melainkan dari integritas, kejujuran, disiplin, dan interpersonal yang baik.

“Selanjutnya adalah proses. Jika Adik-adik tidak mempersiapkan dari sekarang, bisa jadi itu semua akan terlambat. Oleh karena itu, mulailah dari hari ini, apa pun yang kalian inginkan jangan menunggu sampai siap,” pesannya.

Kadisdik juga menegaskan, SMA Terbuka memiliki kesempatan yang sama untuk melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. “Ini dibuktikan dengan karya siswa SMA Terbuka yang ditampilkan hari ini. Jadi, untuk para orangtua jangan ragu menyekolahkan anak-anaknya ke SMA Terbuka. Insya Allah, dari sisi mutu tetap kita jaga sama dengan sekolah-sekolah lainnya,” ujarnya.

Tiga Hal untuk Jadi Orang Sukses

Sedangkan Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu menerangkan bahwa ada tiga hal yang dapat dilakukan untuk menjadi orang sukses. Yakni, memiliki ilmu pengetahuan, keterampilan, dan bekerja dengan hati.

“Hal ini sudah ditampilkan dalam kegiatan hari ini. Expo kreativitas ini tentu dihasilkan dari hati, bukan dari fisik semata. Saya yakin, siswa-siswi SMA Terbuka memiliki peluang menjadi orang-orang sukses di Republik ini,” ungkapnya.

Baca Juga :  Refleksi Hari Sumpah Pemuda 1928 Hingga 2020

Ia pun mengapresiasi tenaga pendidik SMA Terbuka yang telah menciptakan lingkungan Merdeka Belajar dan memandu siswa menjadi pribadi yang lebih kreatif.

Kadisdik bersama Pj. Bupati Bogor, Wakil Ketua DPRD Jabar, Wakil Ketua Komisi V DPRD Jabar, Kepala Bidang PSMA Disdik Jabar, Awan Suparwana, Kepala Cadisdik Wilayah I, Abur Mustikawanto serta tamu undangan lainnya mengunjungi stan karya hasil siswa SMA Terbuka. Mulai dari olahan makanan hingga kerajinan seni lainnya. (Red).*