Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Air Kelapa Muda? Simak Penjelasannya

SILAT JABAR – Mengkonsumsi air kelapa muda sangat dianjurkan bagi Anda yang tengah mengandung atau hamil.

Meski begitu  terdapat batas waktu tertentu untuk sang Ibu hamil mengkonsumsi air kelapa muda.

Namun dalam bahasa medis, Ibu hamil boleh-boleh saja mengkonsumsi air kelapa muda tergantung kondisi Ibu hamilnya sendiri.

Sebagaimana dirangkum silatjabar.com dari berbagai sumber pada Minggu, 12 Februari 2023, berikut ini penjelasan mengenai air kelapa muda untuk Ibu hamil.

Masa kehamilan umumnya berlangsung selama sembilan bulan dan dibagi per tiga bulan yang disebut trimester.

BACA JUGA:Mengapa Obat Antibiotik Harus Dihabiskan? Ternyata Begini Kata dr. Fadhli Rizal Makarim

Kondisi hamil muda mengacu pada trimester pertama alias tiga bulan pertama masa kehamilan. Pada usia kehamilan ini, Ibu hamil mengalami banyak perubahan pada tubuhnya karena adanya janin dalam kandungan, gejala hamil juga sering terasa, terutama mual dan muntah.

Perkembangan janin bermula dari terbentuknya embrio hasil pembuahan. Organ seperti jantung, tulang belakang, paru-paru, telinga, mata, dan tangan mulai terbentuk pada trimester pertama.

Ibu harus menjaga kondisinya pada masa ini karena janin mengalami masa paling rentan selama 12 minggu pertama kehamilan. Jika hendak minum air kelapa, pastikan air itu dalam kondisi baik dan higienis.

BACA JUGA:3 Keutamaan Dzikir di Bulan Ramadhan, yang Amalkan Ini Dijamin Banjir Rezeki

Sebab, bila janin terpapar bakteri, virus, obat-obatan terlarang, radiasi, tembakau, atau zat beracun, kemungkinan besar proses pembentukan organ terganggu.

Organ baru akan terbentuk sepenuhnya setelah usia kehamilan memasuki 12 minggu. Karena itu, kerentanan janin pun berkurang begitu memasuki masa trimester kedua.

Tidak ada larangan minum air kelapa saat hamil. Namun harus diketahui mitos dan fakta seputar air kelapa terkait dengan kehamilan agar tidak tersesat dalam informasi yang keliru.

Baca Juga :  Inilah 5 Makanan Sehat Yang Bisa Menambah Stamina Saat Hamil dan Aman Bagi Kandungan

Misalnya air kelapa bisa membuat bayi berkulit bersih dan putih serta cantik atau ganteng.