Kadisdik Bersama Pj. Gubernur Dampingi Mendikbudristek Buka Sekolah Jurnalis Indonesia Angkatan 1

Mendikbudristek Nadiem Makarim membuka Sekolah Jurnalisme Indonesia Angkatan 1 di Kantor PWI Jabar, Jalan Wartawan, Kota Bandung, Selasa (6/2/2024)

BANDUNG – Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Makarim membuka Sekolah Jurnalisme Indonesia Angkatan 1 di Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat (Jabar) di Jalan Wartawan, Kota Bandung, Selasa (6/2/2024).

Nadiem mengatakan, peran jurnalis hari ini sama pentingnya seperti guru. “Malah dampaknya lebih besar. Sebab, berita yang ditulis akan dibaca oleh jutaan mahasiswa, masyarakat,” katanya.

Sehingga, ia menegaskan, peran jurnalis bukan hanya menulis berita, tapi juga memberi edukasi untuk masyarakat. Sebab, jurnalisme senapas dengan program Merdeka Belajar. Yakni, berpikir kritis dan mampu menganalisis serta menyajikan informasi dengan matang.

Selain itu, ia berpesan kepada jurnalis Indonesia untuk tetap mengedepankan kualitas. Sebab, ia menilai, produk berita, khususnya berita online tidak mengutamakan substansi.

Sedangkan Pj. Gubernur Jabar, Bey Machmudin berharap, sekolah jurnalis ini bisa melahirkan jurnalis yang berintegras dan menghasilkan informasi yang berkualitas.

Pembukaan Sekolah Jurnalisme Indonesia Angkatan 1 ini pun dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Jabar, Wahyu Mijaya dan tamu undangan lainnya

Baca Juga :  Yana Mulyana Minta Pengusaha Berikan THR Lebih Awal, Ini Penjelasannya