Next Post

Plt. Walikota Cimahi Buka Rakornas Media 2021, Ngatiyana : ‘Media harus sinergis, kritis dan berimbang”

Screenshot_2021-11-29-06-25-37-47

Plt. Walikota Cimahi, Letkol (Purn) Ngatiyana (Kemeja batik kiri) bersama Mayjen TNI (Purn) Hendardji Soepandji, Ketua Komisi III DPRD Jawa Barat, H.Phinera Wijaya, saat Rakornas Media 2021, di Villa Neglasari Cimahi. Sabtu (27/11/2021).

Reporter : Liputan Khusus.

ADVERTORIAL

CIMAHIRapat Koordinasi Nasional (Rakornas) media 2021 resmi dibuka oleh Plt. Walikota Cimahi, letkol (Purn) Ngatiyana, bertempat di Villa Neglasari, Jl. Sirnarasa Cibabat Cimahi. Sabtu, (27/11/2021).

Rakornas yang berlangsung dua hari mulai tanggal 26 -27 Nopember 2021 tersebut dihadiri oleh Pembina, Mayjen TNI (Purn) Hendardji Soepandji, Drs,SH, Plt. Walikota Cimahi, Letkol (Purn) Ngatiyana, Perwakilan Dandim 0609 Cimahi, Polres Cimahi, Kejaksaan Negeri Cimahi, Kadiskominfo Arpus Kota Cimahi serta bank bjb Cimahi.

Sementara itu, dari Provinsi Jawa Barat turut hadir Ketua Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat, H. Phinera Wijaya, SE, Sekdis DPMD Provinsi Jawa Barat, Wahyudin, Kabid GTK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Asep Suhanggan serta undangan lainnya.

Letkol (Purn) Ngatiyana menyampaikan perihal pentingnya rapat koordinasi (rakor) dalam organisasi media, hal tersebut dilakukan agar informasi dapat tersampaikan secara terukur, akurat dan berimbang.

“Ya, berita harus aktual, berimbang jadi bisa dipertanggungjawabkan. Tidak hoaks, sehingga tidak menimbulkan keresahan dan merugikan orang lain maupun pribadi,” tutur Ngatiyana dalam sambutannya.

Ia berharap media mampu menjadi penyeimbang informasi, diperbolehkan kritis terhadap kebijakan pemerintah. Kendati demikian, tetap harus sesuai aturan dengan kode etik jurnalistik.

“Tetap harus sesuai fungsinya sebagai sosial kontrol, jika ada kontroversi dilapangan misalnya. Harus konfirmasi terlebih dahulu ke narasumber, untuk selanjutnya diklarifikasi, tidak lantas langsung naik berita gitu aja,” ujarnya pada awak media, Sabtu (27/11/2021).

Disinilah diperlukan koordinasi, lebih jelasnya koordinat atau titik fokus dalam pertempuran kalau bahasa militer, hal tersebut dilakukan agar tidak salah tembak atau sasaran, papar Ngatiyana.

Mayjen TNI (Purn) Hendardji Soepandji, SH, mewakili media patner menerima simbolis penghargaan dari Plt. Wali Kota Cimahi, Letkol (Purn) Ngatiyana saat Rakornas Media 2021, di Villa Neglasari Cimahi. Sabtu (27/11/2021).

Ngatiyana pun mengapresiasi rakornas media, karena merupakan langkah tepat guna meningkatkan profesionalisme, kualitas jurnalistik dan evaluasi kinerja.

“Semoga rakornas media ini, nantinya dapat memberikan putusan-putusan yang lebih relevan dalam meningkatkan kualitas dan profesionalisme media maupun jurnalis,” harap Plt. Wali Kota Cimahi, Letkol (Purn) Ngatiyana.

Hal senada dikatakan Mayjen TNI (Purn) Hendardji Soepandji, pembina tabloid koran SINARPAGI dan Tabloid JUBIR serta JUBIR-TV. Pihaknya mengingatkan kembali perihal profesional jurnalis dan fungsi media baik cetak, online maupun televisi.

“Jurnalis itu pekerjaan yang paling mulia dihadapan Allah SWT, jika dikerjakan dengan benar dan amanah, sesuai UU. No.40 tahun 1999 tentang Pers, dan berpedoman UU No.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), yang beritanya disampaikan secara proporsional dan profesional,” tutur Mayjen (Purn) Hendardji Soepandji.

Untuk itu, informasi harus aktual dan benar pemberitaannya. Tidak ada hoaks atau berita bohong, sehingga media tersebut tetap mendapat kepercayaan dari masyarakat karena tersaji secara faktual, jujur dan berimbang, tutur mantan Dan Puspom TNI.

Sementara itu, Ketua Panpel Rakornas Media 2021, Wahyudi dari Pemimpin Redaksi Tabloid JUBIR, pihaknya mengaku bersyukur atas atensi peserta dan kehadiran undangan baik legislatif maupun eksekutif.

Menurutnya, ini langkah preventif dan prespektif dalam mewujudkan suatu kemitraan, sehingga sesuai motto rakornas media tercapai dalam membangun sinergitas informasi.

“Alhamdulillah, ini sangat luar biasa. Ada sekitar 86 peserta dari berbagai pelosok Indonesia, seperti dari kota Makassar, Sulawesi Selatan, Kabupaten Jeneponto, Kalteng yakni kabupaten Barito Timur, Ogan Ilir, Semarang Jawa Tengah serta perwakilan kabupaten/ kota se-Jawa Barat,” papar pimred Tabloid JUBIR.

Ia pun mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung, hingga suksesnya acara Rakornas Media 2021. “Terimakasih, atas bantuan dan partisipasinya, sehingga acara dapat terselenggarakan,” katanya.

Acara pun ditutup dengan pemberian piagam penghargaan secara simbolis bagi wartawan terbaik serta media partner oleh Plt. Wali Kota Cimahi, serta pemberian Plakat Rakornas Media 2021 oleh Mayjen TNI (Purn) Hendardji Soepandji,SH kepada Letkol (Purn) Ngatiyana. (Red).**

5 1 vote
Article Rating
SILAT JABAR-TV STREAMING

silatjab

Silatjab adalah media informatif, edukatif dan transparansi.
iklan Bawah 2-c
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x