POPDA XIII Jabar, Sabet 6 Emas Pencak Silat Kota Bandung Raih Juara Umum

BANDUNG – Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Ke XIII Tahun 2023 tingkat provinsi Jawa Barat di ikuti oleh 25 Cabang Olahraga (Cabor) berprestasi dari 27 Kabupaten/Kota se-Jawa Barat.

Kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 01-10 Juli 2023, yang diwakili dari atlet-atlet yang telah lolos di daerah kabupaten/ kota, tidak terkecuali cabang olahraga pencak silat. 

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Dr. Ir. Setiawan Wangsaatmaja, Dipl., S.E., M.Eng, ikut menghadiri sekaligus  memberi support terhadap atlet pencak silat yang final Kelas Puteri.

Ia pun berharap atlet pencaksilat yang juara ini, nantinya dapat berprestasi lebih tinggi bukan sekedar daerah, akan tetapi juara di tingkat nasional maupun internasional. 

“Ya, di masa remaja ini mengingatkan saya saat itu masih SMP sudah juara olahraga di tingkat provinsi,” kata dia sambil bercanda pada Binpres IPSI Jawa Barat. Minggu (09/07/2023).

Hal senada dikatakan Binpres IPSI Jawa Barat, Ferry Hendarsin bahwasanya POPDA XIII Tahun 2023 ini bisa dibilang anomali karena tidak sepenuhnya yang juara otomatis dapat mewakili Jabar di POPNAS yang akan datang.

“Ada 5 kelas yang kosong, karena memang atletnya sudah keluar atau lulus sekolah. Sedang yang lainnya masih tetap formasi yang terdahulu, jadi tidak semua yang juara otomatis mewakili di kelasnya,” tutur Ferry Hendarsin.

Sementara itu, Wahyudi Wakil Sekretaris Umum Pengprov IPSI Jawa Barat, pihaknya menegaskan bahwa sejauh ini persaingan atlet pelajar yang turun di POPDA XIII Tahun 2023 yang mewakili kabupaten/ kota dinilai berimbang.

Hal tersebut dibuktikan dengan hasil atau nilai dari setiap kelas yang dipertandingkan berimbang baik tanding maupun TGR.

“Ya, ramai selisih poin sedikit. Ini pertanda yang positif bahwa perkembangan serta pembinaan terhadap pencaksilat di daerah mengalami kemajuan, tentunya menjadi  aset Jabar kedepan,” pungkas Wahyudi.

Baca Juga :  Resmi Nahkodai PERGATSI Kota Cimahi, Asep Setiadi Janji Bikin Event Besar

Kota Bandung Juara Umum 

Kontingen Pencak Silat Kota Bandung, memastikan sebagai Juara Umum, dengan 15 medali yakni 6 emas, 6 perak dan 3 perunggu. Disusul Kabupaten Bandung dengan 9 medali, 4 emas, 2 perak dan 3 perunggu.

Sementara Kabupaten Karawang harus puas di posisi ketiga dengan raihan, 7 medali yakni 3 emas, 1 perak dan 1 perunggu dan posisi ke 4 ditempati oleh Kabupaten Cirebon.

Berikut daftar Klasemen POPDA XIII 2023, Cabang Olahraga Pencak Silat :