Next Post

Kepala SMKN 1 Sumedang: Prestasi Seni Karawitan Diraih dengan Usaha Kuat

Screenshot_2020-11-04-06-07-27-93

Reporter : Firmansyah

BANDUNG, Silatjabar.com,- Usai siswanya meraih medali emas sebagai Penyaji Terbaik Bidang Musik Tradisi Daerah “Festival Lomba dan Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMK Tingkat Nasional Tahun 2020″, Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Sumedang, Elis Herawati tak bisa menutupi rasa bangganya. Ia menegaskan, prestasi tersebut diraih dengan usaha yang kuat, sekaligus dorongan optimal yang diberikan oleh sekolah.

“Alhamdulillah, ini adalah prestasi bagi anak-anak kami yang tentu tidak mudah mendapatkannya. Karena, ada banyak saingan dan harus berjibaku dengan berbagai kekurangan yang ada,” ungkap Elis saat ditemui di sekolah, Jln. Mayor Abdurahman No. 209 Kabupaten Sumedang, Selasa (28/10/2020). 

Siswa SMKN 1 Sumedang, tampak konsisten melakukan latihan seni musik tradisional bersama pembina. Selasa (28/20).

Prestasi tersebut, lanjutnya, tak lepas dari upaya sekolah untuk meningkatkan potensi minat dan bakat siswa, baik di bidang akademis maupun non-akademis. Sekolah memfasilitasi sarana dan prasarana yang menunjang bagi para peserta didik. Bukan hanya berbentuk alat, tapi juga dukungan motivasi. 

“Kontribusi yang paling besar adalah support guru. Walaupun fasilitas masih minim, namun jika didukung dan dimotivasi oleh guru dengan melihat mereka berlatih, saya kira itu menjadi kebanggan bagi anak-anak,” paparnya.

Selain itu, pihak sekolah mengoptimalkan kolaborasi dengan pihak lain demi kebutuhan peserta didik. Contohnya, dalam penampilan karawitan untuk FLS2N, SMKN 1 Sumedang bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sumedang dalam penyediaan alat musik. 

Menariknya, dari 10 jurusan yang ada, seni karawitan merupakan satu-satunya jurusan seni yang ada di SMKN 1 Sumedang. Sedangkan sembilan lainnya merupakan jurusan berbasis teknik dan teknologi. “Bisa dibilang nyeleneh, tapi kehadiran seni karawitan ini sebagai penyeimbang antara jurusan yang “keras” dan “lembut”,” ungkapnya sambil tersenyum.

Ia pun berharap, seluruh siswa terus mendalami minat dan bakat yang dimiliki. 

Salah seorang siswa yang tergabung dalam Tim Karawitan SMKN 1 Sumedang, Bhisma Raka Nalendra mengungkapkan, ia dan teman-temannya sangat senang dan bersyukur bisa membanggakan sekolah melalui prestasi yang mereka raih. “Alhamdulillah, kami dipercaya menjadi juara. Kami bersyukur, senang, dan bahagia,” tutupnya.*** 

Sumber: Disdik Jabar.

Iklan :

4 1 vote
Article Rating
SILAT JABAR-TV STREAMING

silatjab

Silatjab adalah media informatif, edukatif dan transparansi.
iklan Bawah 2-c
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x