Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon, Ternyata Hasilnya Luar biasa

Kadisdik Jabar, Wahyu Mijaya bersama Kadishut Jabar dan Kadisparbud Jabar bersama-sama menanam pohon damar dalam kegiatan JUNA (Jumat Menanam) di Tugu Kujang Sepasang Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jumat (11/8/2023).

BANDUNG – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Wahyu Mijaya bersama Kepala Dinas Kehutanan (Kadishut) Jabar, Dodit Ardian Pancapana serta Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Jabar, Benny Bachtiar bersama-sama menanam pohon damar dalam kegiatan JUNA (Jumat Menanam) di Tugu Kujang Sepasang Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jumat (11/8/2023).

Kegiatan tersebut dalam rangka mendukung gerakan tanam dan pelihara pohon.

Kadisdik mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari pembelajaran. Pendidikan atau belajar tidak hanya di ruang kelas, tetapi bisa di mana pun, salah satunya di alam.

“Kita bisa belajar tentang bagaimana kehidupan ekosistem, belajar tentang arsitektur yang ada di sini, kita belajar banyak hal. Jadi, ini bagian penting yang memang harus banyak kita pelajari bagaimana kolaborasi yang ada di sekitar sini,” tuturnya.

Kadishut pun menyampaikan, berkolaborasi ini penting untuk menyampaikan 3K, yaitu komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi.

“Hari ini kita sedang berkolaborasi bagaimana pengembangan destinasi wisata di Jatigede, khususnya di Tugu Kujang Sepasang. Kami menanam pohon bersama ini adalah satu bagian bagaimana ke depan area ini menjadi hijau,” terangnya.

Ia menambahkan, hari ini Pak Kadisdik hadir untuk mendorong dan menjadi pembelajaran bagi peserta didik di Jawa Barat bahwa Jabar memiliki monumen yang luar biasa.

Sedangkan Kadisparbud berharap, 5 tahun ke depan, pohon damar ini sudah berlipat-lipat tingginya dan menjadi pemberi oksigen bagi generasi selanjutnya. ( Red).*

Baca Juga :  Kadinsos Garut Serahkan Bantuan Kemensos RI Bagi Penyintas Kebakaran di Garut