Dispar Kabupaten Sukabumi Ungkap Rencana Penataan Warung Tenda Biru di Geyser Cisolok Jelang Healthy City Summit 2024

Plt Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kabupaten Sukabumi, Jujun Junaedi

SILAT JABAR – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi sedang berupaya memperbaiki sejumlah tempat wisata, termasuk Geyser Cipanas Cisolok. Hal ini dalam rangka menyambut pelaksanaan Healthy City Summit 2024 yang akan berlangsung pada bulan Juli di Palabuhanratu.

Plt Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kabupaten Sukabumi, Jujun Junaedi, menyatakan bahwa para pedagang tenda biru yang berjejer di sekitar area titik pemandian air mancur dan kolam berendam di kawasan wisata air panas akan segera direlokasi ke lokasi baru yang telah ditentukan. Meskipun begitu, lokasi baru tersebut masih berdekatan dengan Geyser Cisolok.

“Hingga saat ini, penataan warung tenda biru di Geyser Cipanas berjalan tanpa kendala. Namun, yang paling penting adalah bagaimana kita dapat menata tempat tersebut dengan baik agar tidak terjadi kekumuhan baru,” ujar Jujun pada hari Senin (13/5/2024).

“Jumlah pedagang yang akan direlokasi mencapai 80 orang,” tambahnya.

Baca juga: Dispar Kabupaten Sukabumi Bersiap Sambut Ratusan Peserta Healthy City Summit 2024

Tujuan dari relokasi ini, kata Jujun, untuk menjamin kenyamanan para peserta dan wisatawan yang akan berkunjung, serta untuk memastikan bahwa masyarakat setempat dapat merasakan manfaat baik secara langsung maupun tidak langsung dari kunjungan wisatawan yang datang ke CPUGGp (Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark).

“Mudah-mudahan pada bulan Juli, saat Healthy City Summit berlangsung, semua tempat wisata di daerah kita sudah siap untuk menerima tamu dan peserta acara,” tambahnya.

Mengenai jadwal relokasi, Jujun menjelaskan bahwa pihaknya masih menunggu konfirmasi dari pihak Pemerintah Kecamatan (Pemcam) dan Pemerintah Desa (Pemdes) setempat.*** (ADV)

Baca Juga :  Dispar Kabupaten Sukabumi Buka Suara Terkait Fasilitas Gazebo di Pantai Karanghawu Mulai Rusak