Syukuran Nelayan Ujunggenteng Ke-58: Kadispar Kabupaten Sukabumi Hadiri dan Soroti Penataan Wisata

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kabupaten Sukabumi, Jujun Juaeni saat diwawancarai awak media

KAB. SUKABUMI, silatjabar.com – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi menghadiri acara syukuran nelayan Ujunggenteng yang ke-58 pada tahun 2024, bertempat di Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

Acara syukuran tersebut dimeriahkan oleh beragam kegiatan, termasuk bakti sosial sunatan massal, pemberian santunan, tablig akbar, lomba track pantai, turnamen bola voli, pertunjukan pencak silat dan debus, pagelaran wayang golek, serta upacara adat larung saji.

Sejumlah tamu undangan turut hadir dalam acara tersebut, antara lain anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Hasim Adnan, perwakilan dari Dinas Perikanan dan Kelautan, TNI AL, TNI AU Atang Sendjaja, Polsek Ciracap, Koramil Surade, Camat Ciracap, dan Kepala Desa Ujunggenteng.

Baca juga: Bawaslu Kab Ciamis Segera Ambil Alih Tugas Sementara Anggota Panwascam Cikoneng Yang Mundur

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kabupaten Sukabumi, Jujun Juaeni, menyoroti pentingnya penataan dalam upaya peningkatan ekonomi berbasis pariwisata, kelautan, dan perikanan. Menurutnya, penataan menjadi krusial karena saat ini banyak bangunan yang menghalangi pemandangan pantai.

Jujun menggambarkan Pantai Ujunggenteng sebagai gadis cantik yang tetap menawan meski tanpa hiasan.

“Namun, jika gadis cantik itu berdandan berlebihan dan bukan pada tempatnya, maka terlihat norak. Begitu juga dengan Ujunggenteng, jika banyak bangunan mengganggu spot-spot wisata, akan hilang nilai eksotiknya. Perlu ada penataan,” ujarnya pada Rabu (5/6/2024).

Baca juga: Kadisdikbud Ogan Ilir Sayadi Hadiri Acara Pelepasan Siswa Kelas lX SMPN 1 Pemulutan Selatan

Jujun berharap ada kerjasama dari semua komponen untuk menjadikan Ujunggenteng sebagai tujuan wisata yang nyaman, aman, dan mampu meningkatkan ekonomi warga setempat.

“Kami mewakili Bupati Sukabumi sangat mengapresiasi terselenggaranya syukuran hari nelayan Ujunggenteng yang menjadi agenda tahunan di Kabupaten Sukabumi,” pungkasnya.*** (ADV)

Baca Juga :  Destinasi Wisata Geyser Cisolok Dipercantik Jelang Health City Summit 2024, Warung Tenda Biru Direlokasi