Gubernur Jabar, Ridwan Kamil Resmikan Taman Alun-alun Cimahi

CIMAHI – Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil, meresmikan Taman Alun-alun Kota Cimahi dan Taman Alun-alun Ciranjang Cianjur sekaligus seremonialnya dibarengkan dengan peresmian Alun-alun Kota Cimahi, Jalan Amir Machmud Kota Cimahi, Senin (28/8/2023).

Selain Ridwan Kamil dan istrinya Attalia Praratya, hadir pula PJ Walikota Cimahi, H Dikdik Suratno Nugrahawan bersama Istrinya Euis Khotimah, Perwakilan dari DPRD Provinsi Jawa Barat, Ali Hasan, Forkopimda Jawa Barat, Perwakilan Pengadilan Jawa Barat, Perwakilan Pangdam III Siliwangi, Perwakilan Polda Jawa Barat, juga perangkat daerah Kota Cimahi dan Kabupaten Cianjur.

Menurut Ridwan Kamil, dirinya dalam menjabat sebagai Gubernur selama lima tahun, sudah 30 taman Alun-alun yang dibangun di seluruh Jawa Barat oleh dirinya.

“Dari Alun-alun Kota/Kabupaten, Kecamatan, pokokna dimana anu rariweuh, kita bereskan,” ucap Kang Emil.

Maka dari itu, lanjut Kang Emil, pada hari ini Senin 28 Agustus 2023 pihaknya telah membereskan dua Alun-alun Kota Cimahi dan Kecamatan Ciranjang Cianjur.

“Kenapa peresmiannya dibarengkan? Nah ini Karen Pak Gubernur sangat sibuk, tinggal seminggu lagi jadi Gubernur Jawa Barat, jadi saya mohon pamit, kepada warga Cimahi sudah lima tahun, kami mengabdi, membangun segala rupa, tentunya berdasarkan kecintaan kami kepada warga Jawa Barat,” terang Kang Emil panggilan akrab Ridwan Kamil.

Bahkan diakui, Ridwan Kamil, sampai hari ini pihaknya selam mengabdi lima tahun menjadi Gubernur, sudah menerima sebanyak 550 penghargaan.

“Memenangkan penghargaan sebanyak itu, sebagai tanda kerja dan perubahan Jawa Barat yang luar biasa, tadi kami bantu warga-warga dari rumahnya yang biasa-biasa saja dari geribik menjadi gedung, rumah tembok yang luar biasa,” paparnya.

“Totalnya semua sebanyak Rp 1,8 triliun, dikembalikan untuk masyarakat dalam bentuk rumah-rumah sekitar seratus ribuan rumah yang diterima oleh warga Jawa Barat,” papar Kang Emil.

Baca Juga :  Kumpulan Kegiatan Berpahala yang Bisa Anda Lakukan Selama Puasa Bulan Ramadhan Berlangsung

Itu sebagai bukti, kata Ridwan Kamil dirinya yang sangat mencintai rakyat Jawa Barat.

“Uang rakyat maka kembali lagi kepada rakyat, seperti yang paling dirasakan oleh masyarakat yaitu Rutilahu, dan mudah-mudahan rumahnya bermanfaat bagi masyarakat Cimahi dan Jawa Barat,” tandasnya.

Di samping itu, Ridwan Kamil juga berterimakasih kepada Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat,  Ali Hasan yang selalu mendukung akan pembangunan Kota Cimahi selama 5 periode yaitu 25 tahun pembangunan di Kota Cimahi dari Provinsi Jawa Barat karena dukungan dan dorongan anggarannya dari Ali Hasan.

 

Begitu pula PJ Walikota Cimahi H Dikdik Suratno Nugrahawan, mengakui perkembangan pembangunan yang dianggarkan dari APBD Provinsi Jawa Barat, berkat dorongan dan dukungan dari anggota DPRD Provinsi Jawa Barat , Ali Hasan yang akrab dipanggil Mang Ali ini.

“Kepada perwakilan DPRD Jawa Barat Mang Ali yang sangat mempunyai atensi terhadap Cimahi, sama seperti Pak Gubernur Bapak Mochamad Ridwan Kamil, kami mengucapkan rasa terimakasihnya kepada beliau-beliau,” terang Dikdik.

Bahkan Dikdik juga secara tegas pihaknya akan menjaga asset taman Alun-alun Kota Cimahi yang telah diresmikan dalam jangka waktu yang lama.

“Ini semua tidak lepas atas keberpihakan dari Provinsi Jawa Barat dibawah arahan Bapak Gubernur, dan In Syaa Allah , karena Taman Alun-alun sekarang nuansanya begitu indah dimalam hari, beda dengan dahulu, yang sangat menyeramkan karena banyak pepohonan-pepohonan besar,” jelas Dikdik.

Dikdik juga berharap dengan indahnya taman Alun-alun Cimahi menjadi indeks kebahagiaan bagi masyarakat Kota Cimahi.

Disisi lain, Dikdik juga mengharapkan kepada Ridwan Kamil, walaupun sebentar lagi Ridwan Kamil akan lengser dari Jabatannya, namun Dikdik mengharapkan kepada Ridwan Kamil aset Bangunan Rio milik Pemerintahan Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga :  Terima Kunjungan Universitas Suryakancana, Sekretaris Komisi I DPRD Jabar Sampaikan hal ini

“Walaupun sebentar lagi Bapak purna tugas, semoga Bapak dapat memberikan estafet kepada penerus Bapak Gubernur Ridwan Kamil, bahwa Bangunan Rio ini merupakan aset bersejarah bagi Kota Cimahi,” ucap Dikdik.

Jadi harapan Dikdik bangunan Rio dapat di limpahkan ke Kota Cimahi untuk menambah aset potensi wisata kedepannya.

“Karena semuanya akan berkaitan dengan penataan Alun-alun Cimahi, kami sudah merencanakan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Perkim, ada juga bangunaneks Loji yang namanya sekarang Gedung Nasution, Pemerintah Kota Cimahi ingin membeli bangunan tersebut untuk sebagian menjadi aset Kota Cimahi,” tandasnya.

Kalau semua itu terlaksana, lanjut Dikdik, hal ini merupakan monumental bagi masyarakat Kota Cimahi dan rencananya akan di integrasikan dengan kawasan sekitarnya.

“Bahkan renacananya jalan di samping Alun-alun akan di ganti dengan batu andesit sehingga ini semua terintegrasi, bahkan kedepannya kalau perlu jalan tersebut kita tutup saja,” tegas Dikdik.

Dalam akhir acara Gubernur Jawa Barat memberikan hadiah kepada masyarakat yang mendapatkan Rutilahu dan hadiah sepeda bagi masyarakat yang lahir jatuh tanggal 28 Agustus 2023 tepat dengan peresmian Alun-alun Kota Cimahi. (Red).*