SMA Cimahi Ikuti Pemusatan Latihan Paskibraka, ini Jumlahnya

CIMAHI – Sebanyak 37 orang (19 putera, 18 puteri) Siswa-Siswi Sekolah Menengah Atas Kota Cimahi yang lolos seleksi Paskibraka Kota Cimahi mengikuti Pemusatan Latihan Paskibraka Kota Cimahi selama delapan hari, mulai dari tanggal 11 sd 18 Agustus 2023 di Pusdikhub Kodiklat TNI AD Kota Cimahi.

Sebelumnya para peserta Pemusatan Latihan Paskibraka Kota Cimahi telah menjalani seleksi calon Paskibraka Tingkat Kota Cimahi yang dilaksanakan pada tanggal 20 Februari – 15 Maret 2023.

Pemusatan Latihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kota Cimahi Tahun 2023 Kota Cimahi secara resmi dibuka oleh PJ  Walikota Cimahi H. Dikdik S.Nugrahawan, di Aula Gedung A Pemkot Cimahi, Jumat  (11/08/2023).

Begitu pula pada Pemusatan Pelatihan Paskibraka Tingkat Kota Cimahi Tahun 2023 diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Cimahi.

Pemusatan Latihan Paskibraka Kota Cimahi dilaksanakan untuk:  1. Membentuk anggota Pasukan pengibar bendera pusaka Kota Cimahi sebagai rangkaian upacara peringatan detik-detik Proklamasi HUT kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2023.

BACA JUGA :  Sidang Paripurna DPRD Cimahi Bahas LKPJ Walikota Tahun Anggaran 2022

2. Mengembalikan semangat bela negara dan pengalaman nilai-nilai pancasila dalam menghadapi globalisasi dan penyiapan kader pemimpin bangsa di masa depan. 3. Melaksanakan pengibaran bendera pusaka pada upacara ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-78.

Selama pelatihan para peserta Pemusatan Pelatihan Paskibraka Kota Cimahi akan menerima materi dan dilatih oleh unsur TNI, Purna Paskibraka Indonesia (PPI) dan Bakesbangpol Kota Cimahi.

Pada para peserta Pemusatan Latihan Paskibraka, Dikdik berpesan agar dapat mengikuti pembinaan dan pelatihan secara serius.

“Siapkan mental dan fisik kalian serta jaga kesehatan selama mengikuti pembinaan dan pelatihan. tetap fokus kemudian taat dan patuh terhadap pelatih sehingga bisa betul-betul siap,” ujarnya.

Baca Juga :  Audiensi Kejurda Pelajar 2023, Kadisdik : Kita akan Support untuk Prestasi Pencaksilat Jawa Barat

Dikdik juga berharap  kepada anak anak agar menjadi ujung tombak dalam membangun persatuan dan kesatuan bangsa, pertahankan kedekatan, persaudaraan dan kekompakan.

BACA JUGA :  DPKP Kota Cimahi Bangun 100 Titik Septictank Individu di Kelurahan Cibabat

“ Ketika kalian melangkah kedepan menapaki perjalanan karier menuju masa depan yang lebih baik. Mudah-mudahan dengan pendidikan dan pelatihan yang mereka lakukan ini, pada saatnya nanti dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan lancar, kegiatan ini diikuti oleh  sejumlah siswa calon anggota paskibraka yang sudah terpilih dan disesuaikan dengan formasi yang dibutuhkan untuk pelaksanaan pengibaran bendera nanti,”katanya.

“Semoga yang dilakukan oleh para pemuda termasuk calon anggota Paskibraka di Kota Cimahi ini bisa mencerminkan bahwa para pemuda yang memiliki motivasi yang kuat untuk bisa memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara ini,” pungkasnya. (Red).*