Antusias Warga Sukabumi, Panen Impun di Pantai Citepus

Reporterl: Tono

SUKABUMI- Warga didaerah pesisir pantai Citepus, palabuanratu Kabupaten Sukabumi berbondong bondong berdatangan ke pantai muara citepus untuk berburu ikan impun, Kamis. (08/3/2021)

Dalam menangkap ikan tersebut, berbagai alat tangkappun digunakan
dari mulai sirib sampai dengan ember kecil. Dan ada juga yang hanya membawa alat seadanya.

Bukan hanya warga citepus yang berantusias untuk menangkap ikan tersebut, terlihat juga banyak dari warga desa yang lainnya.

Warga datang sekitar pukul 02:00 WIB, dini hari hingga sore hari ada juga yang datang pukul 16:00 WIB hingga malam hari.

“Iyah pak, saya datang dari jam 2 malam karena pada waktu itu ikan impun mudah ditangkap sebab air laut sedang pasang. Asep (40 tahun) warga citepus kepada SILATJABAR.COM, Kamis, (09/04/2021).

Asep menjelaskan, ikan impun susah untuk di prediksinya. Menurutnya, karena faktor alam.

“Soal nya ikan impun susah untuk di prediksi nya, kadang banyak nya malam, tapi kebanyakan mah mulai jam 6 pagi sampai siang hari,” ungkapnya.

Warga lainnya, Siti (42 Tahun) mengatakan, tau panen impun dari tetangganya dan tidak lama dari itu langsung berangkat ke muara citepus.

“Tahu dari tetangga tadi pagi, datang kesini Alhamdulillah sudah dapat lumayan banyak dan impun yang didapat sebagian akan di jual dan sebagian lagi di masak dirumah.

Selain itu, Siti menjelaskan alat tangkap yang di gunakan seadanya. Namun, tetap terlihat semangat.

“Alat yang digunakan seadanya, dan saya datang bersama ibu-ibu yang lain sebanyak 4 orang, ombak muara citepus tidak menjadi halangan untuk mencari tambahan penghasilan dalam menyambung hidup,” tutupnya.***

Baca Juga :  Pelaku Usaha Kesal, Antrian Panjang di Kantor Dinas Koperasi dan KUKM Kabupaten Garut