Meski di Maafkan, LSM dan Wartawan Sukabumi Tuntut Proses Hukum Tetap Berjalan

Reporter : Fikri Maulana

SUKABUMI, SILATJABAR.COM- Mediasi yang digagas oleh Sekda Kabupaten Sukabumi beserta Kantor Badan Kesbangpol untuk mencari solusi atas pernyataan dari Wakil Ketua I, DPC APDESI (Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia) Kabupaten Sukabumi, yang mencuat beberapa waktu lalu. Sejauh ini belum menemukan hasil yang memuaskan.

Acara yang digelar di Pendopo, Jalan Ahmad Yani, Nyomplong Kota Sukabumi, Kamis (26/11/2020), hanya diikuti sebagian kecil dari perwakilan Media dan LSM.

Dari hasil kesimpulan yang bisa diambil untuk sementara, bahwa perwakilan dari Media dan LSM yang hadir, bersepakat untuk memaafkan ucapan dari Wakil Ketua I DPC. APDESI Kabupaten Sukabumi, saudara Ojang Afandi.

Abah Sigar OVJ, salah satu perwakilan yang hadir menyatakan, pihaknya akan terus melanjutkan kasus tersebut untuk diproses, meski telah memaafkan.

“Sebagai umat muslim dan sesama anak bangsa, kami yang hadir telah memaafkan apa yang telah di lontarkan oleh saudara Ojang Afandi terhadap Wartawan maupun LSM, tetapi sebagai rakyat yang taat hukum, kamipun akan terus mengawal proses hukum yang telah berjalan, hingga tuntas,” ujarnya.

Sementara itu Iwan Sugiyanto Ketua Umum Pers Sukabumi Ngahiji (PSN). Pihaknya menolak untuk hadir pada acara tersebut.

“Saya memang diundang hadir di pendopo, yang pasti untuk membahas perihal statement dari Saudara Ojang Afandi,” kata Iwan.

Menurutnya, pernyataan Ojang Afandi dinilai telah melukai banyak hati dan perasaan rekan-rekan Wartawan maupun LSM.

Bahkan menurut Iwan Sugianto. Dirinya, melihat undangan tersebut hanya untuk sebagian kecil dari massa gabungan yang hadir di Mapolres Sukabumi kemarin.

“Saya sengaja tidak mau menghadiri kegiatan tersebut, karena takut melukai perasaan rekan-rekan yang lain,” ungkapnya.

Sebagai warga negara yang baik, lanjut Iwan. Kita harus patuhi dan taat pada hukum yang berada di negara kita.

Baca Juga :  Komisi 4 DPRD Kabupaten Sukabumi, Menerima Audiensi PUK SPSI PT Indolakto Cicurug 1

“Kita tunggu saja, hasil dan kinerja kepolisian dalam menangani kasus ini,” pungkasnya.

Pertemuan tersebut difasilitasi oleh Pemkab Sukabumi,  dihadiri langsung oleh Pjs. Bupati Sukabumi, R.Gani Muhamad, Kapolres kota dan Kabupaten Sukabumi, Ketua dan Pengurus PWI Kabupaten Sukabumi, Ketua dan Pengurus LSM Gapura RI dan perwakilan pengurus organisasi Wartawan lainnya. ***

Editor : Sopandi