Sudah Lama Jadi DPO, Laskar Indonesia Pertanyakan Pihak Kejaksaan yang Belum Eksekusi Mantan Kades Cibiuk Kidul

Belum Dieksekusi Kejaksaan, Laskar Indonesia Pertanyakan Kasus yang Menjerat Mantan Kades Cibiuk Kidul ( Dok. Istimewa)

SILAT JABAR– Daftar Pencarian Orang ( DPO) Agus Suganda mantan Kades Cibiuk Kidul Kecamatan Cibiuk Kabupaten Garut yang tengah divonis penjara 2,5 tahun telah inkrah oleh pengadilan kini belum di eksekusi oleh pihak Kejaksaan Negeri Garut.

Belum dieksekusi terpidana tersebut terkait kasus penjualan beras raskin yang melibatkan beberapa kepala desa di Kecamatan Cibiuk.

Namun hanya satu kepala desa yang belum dieksekusi untuk menjalani masa tahanan yakni Agus Suganda mantan Kepala Desa Cibiuk Kidul.

DPO mantan Kades Cibiuk Kidul yang saat itu menjabat kelapa desa tahun 2010-2015, yang tersandung korupsi penyelewengan beras raskin tahun 2013.

BACA JUGA:SATRIA Kabupaten Sukabumi Rayakan HUT ke-15 Partai Gerindra, Bagikan Ribuan Paket Sembako dan Santunan kepada Anak Yatim

Belum di eksekusinya mantan Kades Cibiuk Kidul terkait kasus raskin mendapat sorotan dari Dudi Supriyadi ketua Laskar Indonesia kabupaten Garut, menurutnya eksekutor tindak pidana korupsi yang berkaitan hukum tetap (inkracht) berdasarkan pasal 50 undang undang nomor 48 tahun 2009 tentang kekuasaan kehakiman jo pasal 1 ayat 1, pasal 8 ayat 1 dan pasal Undang-Undang nomor 16 tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia jo pasal 270 KUHP yang menjadi eksekutor adalah kewenangan dari Jaksa.

“Itu adalah kewenangan Jaksa yang di bawah Mahkamah Agung,” tandas Dudi saat dihubungi melalui WhatsApp.

Pihaknya menegaskan, intinya kalau memang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap  (inkracht)  harus di eksekusi, demi tegaknya supermasi hukum.

BACA JUGA:Peringati HPN 2023, Tabloid JUBIR Berbagi Sosial Dengan Anak Yatim dan Dhuafa

Dari pantauan di lapangan dan informasi masyarakat terkait DPO Agus Suganda mantan Kades Cibiuk Kidul kecamatan Cibiuk Kabupaten Garut yang menjabat periode 2010-2015 itu, keberadaannya  ada di wilayah Cibiuk kini lulang lalang tidak ada yang menangkap (eksekusi).***

Baca Juga :  Peringati HLUN Ke-26, Pemerintah Kota Cimahi Komitmen Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Lansia

Artikel ini juga tayang di Jurnalisbicara.com dengan judul Laskar Indonesia Pertanyakan Mantan Kades Cibiuk Kidul yang hingga Kini Belum di Eksekusi Pihak Kejasaan, Padahal….