Musrenbang Kecamatan Cimahi Selatan Bahas 14 Skala Prioritas Hasil FGD

CIMAHI – Focus Group Discussion (FGD) dilaksanakan secara serentak di tiap-tiap Kelurahan Kecamatan Cimahi Selatan, seperti Kelurahan Melong, Kelurahan Utama, Kelurahan Cibeureum, Kelurahan Leuwigajah dan Kelurahan Cibeber, Rabu 18 Januari 2023 yang lalu.

Hasil FGD tersebut dibahas seluruh kelurahan tersebut dan dibahas kembali di kantor Kecamatan Cimahi Selatan, Jalan Baros, Rabu (25/1/2023)

Hadir dalam acara tersebut, Camat Cimahi Selatan, Asep Ajat Jayadi, Sekretaris Camat Ceppy Rustiwan, Pembina Wilayah (Binwil) Kecamatan Cimahi Selatan, Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Budi Raharja, anggota DPRD Kota Cimahi, H Hidayat dari Fraksi PAN dan Supiyardi dari Fraksi PKS, serta para lurah se Kecamatan Cimahi Selatan dan masing-masing Ketua PPM Kelurahan dan Kecamatan.

Menurut Binwil Kecamatan Cimahi Selatan, Budi Raharja, dari pembahasan FGD di kecamatan Cimahi Selatan, telah menghasilkan 14 skala prioritas pembahasan FGD yang akan dibahas kembali dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di kecamatan, rencananya pada tanggal 2 Februari 2023.

14 penyusunan skala prioritas tersebut terdiri dari :

1. Peningkatan kualitas pendidikan,

2. Peningkatan kualitas kesehatan,

3. Peningkatan kualitas perlindungan dan pelayanan sosial,

4. Peningkatan kualitas kapasitas dalam penanganan bencana,

5. Peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan dan inovasi pelayanan publik,

6. Peningkatan kualitas pemilu serentak,

7. Peningkatan kualitas iklim investasi,

8. Peningkatan kualitas daya beli masyarakat,

9. Peningkatan kualitas daya saing pelaku ekonomi dan produk lokal,

10. peningkatan kualitas untuk menjaga ketahanan pangan daerah,

11. Peningkatan kualitas penyerapan tenaga kerja,

12. Peningkatan kualitas adaptasi dan mitigasi perubahan iklim,

13. Pengembangan dan peningkatan aksebilitas kawasan strategis Kota,

14. Pemenuhan infrastruktur dasar perumahan dan kawasan pemukiman.

“FGD ini bukan suatu hal yang baru, dan merupakan agenda rutin, dalam rangka penyusunan perencanaan di tahun 2024,” terang Budi.

Baca Juga :  Pastikan Kualitas Pembinaan, KONI Cimahi Sambangi Cabor Aeromodeling

Hanya memang kata Budi, di tahun 2024 adalah merupakan tahun ke dua, dari rencana pembangunan daerah kota Cimahi yang diatur dalam Peraturan Walikota Tentang rencana pembangunan transisi.

“Dari 2023 sampai dengan Tahun 2026, tema pembangunan tahun 2024, masih Focus kepada ekonomi dan penguatan kepada Sumber Daya Manusia,”

Jadi ,ucap Budi bahwa pada tahun 2023 tema pembangunanya adalah penguatan ekonomi, sedangkan kalau di tahun 2024 temanya adalah pemantapan stabilitas ekonomi dan SDM.

“Jadi masih fokus kepada sektor perekonomian, apalagi isu krisis ekonomi global, ya mudah-mudahan tidak terjadi, jadi masih Focus pada perekonomian dengan 14 skala prioritas,”

Karena kata Budi kembali, dari 14 prioritas tersebut bisa dijadikan acuan ditingkat Kelurahan dan Kecamatan,

“Memang PPKM sekarang sudah dicabut, pandemi sudah turun menjadi endemi, tetapi tetap kebijakan pemerintah Pusat, kita harus tetap waspada, waspada terhadap aspek kesehatan, juga harus waspada pula dari aspek ekonomi, itu intinya kegiatan FGD di Kematian Cimahi Selatan,” katanya.