Next Post

Peringati HUT Ke 20 Kota Cimahi, Cimahi Tangguh dan Sehat

IMG_20210627_102653

CIMAHI– Pelaksana Tugas (Plt). Wali Kota Cimahi Ngatiyana hadir dan memimpin langsung kegiatan peringatan hari ulang tahun (HUT) Kota Cimahi ke-20 yang diadakan secara virtual, bertempat di Plaza Rakyat Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Demang Hardjakusumah, Senin (21/06/2021).

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kota Cimahi, Kapolres Cimahi, Dandim 0609, Kepala Kejaksaan Negeri, Ketua Pengadilan Negeri Bale Bandung, Sekretaris Daerah Kota Cimahi, Ketua MUI Kota Cimahi, Forum lintas agama, Kepala OPD dan Instansi vertikal, Camat dan Lurah se-Kota Cimahi.

Dalam sambutannya Ngatiyana mengucapkan terima kasih kepada para tokoh pendiri Kota Cimahi, para mantan anggota DPRD, para mantan pimpinan daerah, segenap aparatur negara yang pernah bertugas di Kota Cimahi dan segenap unsur masyarakat yang telah berkontribusi dalam kemajuan Kota Cimahi hingga saat ini.

“Hari ini kita merayakan hari jadi Kota Cimahi ke-20 tahun dengan kondisi yang sedikit berbeda, dikarenakan pandemi Covid-19 yang sedang melanda hampir di seluruh belahan dunia. Kenyataan ini, harus kita hadapi dengan terus menyiapkan langkah-langkah kongkrit dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini. Dimana upaya preventif (pencegahan) akan lebih didahulukan dari pada kuratif (pengobatan),” tutur Ngatiyana.

Dua puluh tahun sudah perjalanan Kota Cimahi menjadi kota otonom dengan segala keterbatasan yang harus dihadapi, namun pemerintah kota dan warga cimahi tetap berupaya sekuat tenaga, sinergis dan seirama dalam membangun infrastruktur dengan tetap memperhatikan lingkungan hidup.

“Kita terus berupaya mendorong berputarnya roda perekonomian yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memberikan pendidikan yang bermutu, maupun memberikan layanan kesehatan dengan biaya yang terjangkau oleh masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung yang dapat memberikan kontribusi pada peningkatan IPM Jawa Barat dan Nasional,“ ungkapnya.

Dikatakan Ngatiyana, Kota Cimahi yang telah berusia 20 tahun harus bergerak dinamis, penuh percaya diri dan tetap tangguh dalam menghadapi kondisi akibat dampak pandemi. Sesuai dengan tema peringatan HUT ke-20 Kota Cimahi tahun ini, yakni “Cimahi Tangguh Dan Sehat,”

“Kota Cimahi harus optimis untuk mampu menghadapi perubahan zaman dengan mengubah kebiasaan, paradigma dan perilaku agar tetap sehat, untuk lekas bangkit dan pulih dari kondisi keterpurukan. “jelasnya.

Selanjutnya, Plt. Wali Kota Ngatiyana menyampaikan, meskipun dalam kondisi terdampak Covid-19, pemerintah Kota Cimahi tetap melaksanakan fungsinya dalam menyediakan fasilitas dan infrastruktur bagi masyarakat. Sehingga tidak hanya penanganan dampak Covid-19 pada sektor ekonomi dan kesehatan yang tetap menjadi skala prioritas.

“Sesuai perencanaan yang sudah kita buat, bahwa tahun 2021 ini kami sedang dalam proses pelaksanaan kegiatan pembangunan infrastruktur fisik besar yang sedang dan akan segera dilakukan antara lain : Underpass Sriwijaya, renovasi Stadion Sangkuriang, Mall pelayanan publik serta kawasan ekowisata cimenteng,” imbuhnya.

Kondisi yang terjadi saat ini, tidak membuat surut kinerja dari pemerintah kota, hal ini dibuktikan dengan raihan prestasi yang diberikan oleh pemerintah pusat dan organisasi lainya atas kinerja yang baik dari segenap unsur.

Disamping prestasi yang lalu, prestasi yang diraih tahun 2020-2021 antara lain, Paritrana Award 2019 dari BPJS Ketenagakerjaan, Penghargaan Natamukti Nindya 2020 dari kementerian KUKM, Silver Winner of Indonesia Tourism Award 2020 dari Markplus Inc, Peringkat 3 kategori kota anugerah pemerintah daerah inovatif dari Kemenristek/ Badan riset dan inovasi nasional, Predikat kota sangat inovatif pada ajang innovative government award 2020 dari kementerian dalam negeri, Sertifikat SNI (standar nasional indonesia) Pasar Rakyat SNI 8152:2015 kepada pasar atas baru cimahi dari kementerian perdagangan republik indonesia, Penghargaan green leadership nirwasita tantra kategori kota sedang dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pemerintah Kota Cimahi untuk yang kedelapan kalinya secara berturut-turut tahun 2013, 2014, 2015, 2016, 2017, 2018, 2019 dan 2020 mendapatkan opini WTP atau wajar tanpa pengecualian.

“Semua prestasi ini dan apa yang telah diraih oleh Kota Cimahi selama ini merupakan keberhasilan kita bersama dan kesuksesan kolektif dari seluruh komponen masyarakat cimahi. “katanya.

Melalui momentum HUT Kota Cimahi Pemerintah Kota Cimahi menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kota Cimahi atas kebersamaan dan kerjasamanya selama ini dengan pemerintah kota sehingga cimahi bisa lebih baik dan lebih maju.

“Saya juga menghimbau kepada seluruh aparatur pemerintah Kota Cimahi dan komponen masyarakat untuk bersama-sama saling bahu-membahu membangun Kota Cimahi dengan merapatkan barisan dan membangun persatuan yang kuat dalam jalinan tali persaudaraan dan rasa solidaritas yang tinggi, sehingga akan menciptakan suasana aman dan tenteram guna kelancaran kelangsungan pelaksanaan pembangunan di Kota Cimahi,” pungkasnya. (Red).***

5 1 vote
Article Rating
SILAT JABAR-TV STREAMING

silatjab

Silatjab adalah media informatif, edukatif dan transparansi.
iklan Bawah 2-c
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x