Next Post

Wujudkan Visi dan Misi, Kota Cimahi Gelar Musrenbang 2022

IMG-20220317-WA0077

Plt. Walikota Cimahi, Letkol (Purn) Ngatiyana bersama forkopimda di acara Musrenbang 2022, di Gedung Tecknopark. Kamis (17/03/2022).*

CIMAHI – Guna mewujudkan visi Kota Cimahi yakni “Terwujudnya Kota Cimahi yang Maju, Agamis, Berbudaya dan Sejahtera”,  Pemerintah Kota Cimahi melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Cimahi menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kota Cimahi Tahun 2022 pada hari Kamis (17/2/2022) di Gedung Cimahi Technopark.

Musrenbang Kota Cimahi Tahun 2022 diselenggarakan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Cimahi Tahun 2023. Kegiatan ini dilakukan secara dilakukan hybrid yakni secara virtual dan secara tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat.

Musrenbang dihadiri oleh Plt. Wali Kota Cimahi, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat, Sekda Kota Cimahi, BAPPEDA Provinsi Jawa Barat, DPRD Kota Cimahi, Unsur Muspida Kota Cimahi, Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kota Cimahi, Pimpinan Instansi Vertikal dan BUMN cabang Cimahi, Pimpinan Lembaga Pendidikan Kota Cimahi, Pimpinan Ormas, OKP, LSM, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Budaya, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda, serta Insan Pers Kota Cimahi.

Kegiatan ini merupakan acara puncak dari rangkaian proses perencanaan tahunan yang melibatkan berbagai pemangku kebijakan dalam pelaksanaannya. Sebelumnya telah digelar kegiatan Pelatihan Kader Perencana, FGD Musrenbang di Tingkat RW atau Rembug RW dilanjutkan dengan kegiatan FGD Musrenbang Tingkat Kelurahan dan Tingkat kecamatan.

Streaming TV :

Musrenbang RKPD Tahun 2022 merupakan agenda tahunan guna menyepakati usulan program dan kegiatan prioritas pembangunan Pemerintah Daerah yang akan disinkronkan dengan arah kebijakan, prioritas, sasaran pembangunan, Kota Cimahi dan kegiatan strategis Provinsi Jawa Barat dan nasional serta menjaring masukan terhadap penyempurnaan dokumen rancangan RKPD untuk penyusunan rancangan akhir RKPD Kota Cimahi Tahun 2023.

Plt. Wali Kota Cimahi, Ngatiyana, dalam sambutannya mengatakan ada lima isu strategis dalam RKPD Tahun 2023. “Isu strategis yang akan menjadi prioritas dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2023 adalah masalah kemiskinan, kualitas dan daya saing SDM, kualitas pembangunan ekonomi, tatakelola pemerintahan serta daya dukung daya tamping lingkungan,” ungkapnya.

Sementara Dikdik S Nugrahawan, Sekretaris Daerah Kota Cimahi menjelaskan usulan prioritas program pembangunan kota yang akan dibahas pada Musrenbang Tahun 2022 adalah sebanyak 30 usulan.

“Berdasarkan Musrenbang sebelumnya yakni di Tingkat Kelurahan didapat 1606 usulan, yang kemudian dikelompokkan menjadi 148 kelompok usulan pada Tingkat Kecamatan, kemudian disepakati pada FGD Pra Musrenbang Kota menjadi 30 usulan prioritas untuk disampaikan pada Musrenbang Kota.”

Ngatiyana berharap melalui kegiatan Musrenbang Kota ini akan menghasilkan kebijakan perencanaan pembangunan yang memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat.

Ia pun mengajak seluruh stakeholder dan seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan visi Kota Cimahi, “Mari Bersama-sama seluruh masyarakat Kota Cimahi, mewujudkan Cimahi Maju, Agamis, Berbudaya dan Sejahtera” sebagai visi Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kota Cimahi Tahun 2023-2026.”

Selain itu Ngatiyana juga mengajak masyarakat Kota Cimahi untuk sama-sama mengawal pelaksanaan RKPD Tahun 2023 agar terlaksana dengan baik, “Kami percaya pada Bapak Sekda, Asisten dan Para Kepala Dinas pasti bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, serta mengawal program tahun 2023 yang Non APBD salah satunya underpass, flyover, kolam retensi di Pasir Kaliki, Alun-alun Kota Cimahi,” pungkasnya. (Bidang IKPS/Dy). Red.*

5 1 vote
Article Rating
SILAT JABAR-TV STREAMING

silatjab

Silatjab adalah media informatif, edukatif dan transparansi.
iklan Bawah 2-c
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x