Monitor Ketahanan Pangan, Ketua Fraksi Gerindra Sambangi Kelompok Ternak Desa Cidadap

Reporter : Fikri Maulana

SUKABUMI, Silatjabar.com,- Dalam rangka monitoring dan menyerap aspirasi masyarakat di masa Pandemi COVID-19, terutama sektor ketahanan pangan warga terdampak dari Pandemi berkelanjutan. Ketua Fraksi Gerindra di DPRD Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan. Menyambangi Kelompok Peternak Hewan kerbau dan domba yang berlokasi di Kampung Cibinong, Desa Cidadap. Jum’at (30/10).

Menurut, legislator Gerindra asal Dapil I Palabuhanratu ini menyebutkan. Para peternak hewan lokal ini memegang peranan penting dalam membantu pemerintah untuk memenuhi kebutuhan daging.

Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan. Ketika, melihat langsung peternak di desa Cidadap, Sukabumi. Jumat, (30/20/2020).

Selain itu, lanjut Usep. Para peternak hewan lokalpun diharapkan mampu menggerakkan sektor industri, sehingga keberadaan para peternak tersebut harus terus didukung melalui berbagai pola peningkatan produksi dan kesejahteraan.

Imbuh Usep, untuk itu para peternakpun harus diberikan program pelatihan. Seperti halnya memanfaatkan kotoran hewan. Sehingga dapat menghasilkan nilai ekonomis dengan mengolah pupuk organik dan biogas.

“Kalau diolah, dari segi sosial ekonomi limbah ternak sapi dapat memberikan dampak positif, serta bisa mengurangi dampak pencemaran lingkungan,” kata Usep pada Silatjabar.com, Sabtu (30/10/2020).

Tentunya ini menjadi Pekerjaan Rumah (PR) kita bersama, kata dia. Khususnya dinas terkait untuk dapat melakukan gebrakan dan inovasi-inovasi yang nantinya mampu meningkatkan kualitas hewan dan mampu memanfaatkan kotorannya.

“Ini perlu proses dan komitmen, namun secara jangka panjang kedepan, saya yakin akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat,” jelasnya.***

Editor : Sopandi

Iklan:

Baca Juga :  Rapat Paripurna DPR Kabupaten Sukabumi Sahkan 3 Raperda