Pemkot Cimahi Gelar Lomba Diversifikasi Olahan Ikan

CIMAHI – Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi mengadakan lomba Diversifikasi Olahan Ikan untuk masyarakat Kota Cimahi, di Aula Gedung B, Senin (19/6/2023).

Acara tersebut dihadiri oleh PJ Sekda Kota Cimah, Mariana Fitriana, dan seluruh kelurahan di kota Cimahi.

Dalam lomba Diversifikasi Olahan Ikan Tersebut berdasarkan nomor 253/2669 BA/PP tentang Olahan ikan Tingkat Cimahi Tahun 2023 yang diumumkan oleh Juri Lomba Diversifikasi Olahan Ikan Tahun 2023, Chef Rohendi.

Berdasarkan hasil rekapitulasi penilaian empat katagori yaitu kreativitas, penyajian, penampilan citarasa, haijin dan aman dikonsumsi, maka lomba ini dimenangkan:

Juara Ke 1 adalah peserta nomor 1 dari Kelurahan Padasuka, dengan nilai 86,66

Juara 2 adalah peserta nomor 6 Kelurahan Setiamanah, dengan nilai 85,53

Juara ke 3 adalah Peserta nomor 7 Kelurahan Baros dengan nilai 83,24.

Juara Harapan 1 dimenangkan oleh Peserta nomor 5 dari Kelurahan Cipageran, dengan nilai 83,40

Juara Harapan 2 dimenangkan oleh peserta nomor 11 dari Kelurahan Cibabat. dengan nilai 83,16

Juara Harapan 3   dimenangkan oleh peserta nomor 4 dari Kelurahan Melong, dengan nilai 83,05

PJ Sekda Mariana Fitriana sangat memberikan apresiasi dengan diadakannya lomba  Diversifikasi  Olahan Ikan yang di prakarsai oleh Dispangtan.

“Berkaitan dengan lomba ini, Alhamdulillah dapat dilaksanakan dengan aman dan tertib tadi sudah ada beberapa evaluasi yang disampaikan oleh dewan juri,” ucap Mariana Fitriana yang sering di sapa Pipit ini.

Pipit juga mengharapkan kepada peserta lomba dapat menerapkan ilmu-ilmunya kepada kaum muda milenial.

“Tidak hanya Ibu-ibu saja yang pintar, nanti ada regenerasi yang muda-muda, jadi karena ini bibit-bibit unggul dari Cimahi, satu yang mendampingi, diwilayahnya masing-masing hingga sering jadi juara,” ujarnya.

Tujuan dari digelarnya Diversifikasi Olahan iIan ini, lanjut Pipit, karena ikan merupakan kandungannya luar biasa.

Baca Juga :  Optimis Posyandu Cempaka Masuk Tiga Besar Tingkat Jabar, Ini kata Camat Cimahi Selatan

“Iikan Nila nilainya yang tidak terlalu mahal dan tahan banting dan hidup dengan mudah,” katanya.

Selain ikan Nila, kata Pipit, ikan lele pun yang digunakan ikan Lele yang sehat.

“Lele yang dilombakan bukan dari pasar, tapi dari KWT, maka saya yakin ikan lelenya sehat-sehat karena pakan makanannya pun terjamin,” tandas Pipit.

Meningatkan Kreatifitas

Begitu pula dibenarkan Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi, Tita Mariam, tujuan dari dilaksanakannya lomba Diversifikasi Olahan Ikan adalah meningkatkan kreatifitas dari pada ibu-ibu, yang terkait dengan PKK, dan hari ini bahan baku adalah olahan ikan, karena ikan adalah sumber protein yang paling baik,

Selanjutnya menurut Tita, protein ikan bagus untuk perkembangan kecerdasan bagi anak-anak.

“Maka dari itu diusahakan dengan olahan berbagai jenis olahan yang ada ini, diharapkan anak-anak menjadi suka untuk makan olahan ikan ini,” terangnya.

Diakui  Tita, lomba disertifikasi olahan ikan ini digelar setiap tahunnya, berjenjang dari mulai tingkat Kota, Provinsi Jawa Barat dan tingkat Nasional.

“Nanti di tingkat provinsi, sudah ada informasi antara bulan Juli atau Agustus, akan dilombakan olahan berbahan ikan ini dan bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan di Provinsi Jawa Barat,” paparnya.

Sedangkan menurut juri lomba Diversifikasi  Olahan Ikan, Chef Rohendi menurutnya, sistem penjurian yang dinilai kepada peserta dengan cara empat menu,  seperti inovasinya, yang menghasilkan makanan yang lebih baik, dari tampilannya, rasa sama nilai jualnya.