Komitmen Dorong Akuntabilitas Keuangan Daerah, bank bjb Cabang Cimahi Implementasikan KKPD pada Pemkot Cimahi

Ockie Castrena, Pimpinan Cabang bank bjb Cimahi. Foto Dok. (Istimewa).*

Sebelumnya telah dilakukan uji coba penggunaan KKPD kepada 5 (lima) perangkat daerah dengan mengimplementasikan pembayaran dalam belanja mengunakan aplikasi QRIS dan DIGI Mobile bank bjb.

Setelah adanya evaluasi atas uji coba tersebut, pada kesempatan kali ini dilaksanakan full implementation untuk seluruh perangkat daerah di kota Cimahi. Pembayaran mengunakan QRIS sangat mudah tingal scan and pay untuk pembayaran transaksi sehari-hari di lingkungan pemerintah kota Cimahi, imbuh dia.

Di Kota Cimahi sendiri lanjut Ockie, sudah 24 perangkat daerah (OPD) mengunakan KKPD dan 3 kecamatan. 

Berikut beberapa keuntungan yang di dapat pemerintah jika mengunakan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD), yakni :

1. Memudahkan pengguna anggaran (pa) dan kuasa pengguna anggaran (kpa) untuk belanja barang / jasa melalui e-payment dalam mendukung percepatan penggunaan produk dalam negeri (PDN),

2. KKPD digunakan untuk memudahkan penyelesaian tagihan kepada pemerintah daerah berupa penyelesaian tagihan belanja barang dan jasa serta belanja modal melalui mekanisme uang persediaan (up).

3. Fleksibilitas, kemudahan dan jangkauan pemakaian secara luas termasuk untuk belanja secara elektronik, seperti media dalam jaringan dan toko daring;

4. Meningkatkan keamanan bertransaksi.

5. Mengurangi cost of fund / idle cash.

Baca Juga :  Kadin Jabar Peduli Covid-19, Salurkan 100 Paket Sembako ke YPSN