2.040 Pesilat ikuti Piala KASAD 2023, Antusias Peserta Membludak

Wakasad Mayjen TNI Agus Subianto menerima cinderamata dari Mayjen (Purn) Eddie Marzuki N. (Bapak Pesilat Dunia) di Mako Disjad TNI AD, Jl. Baros, Cimahi. Jum’at (26/05/2023).

CIMAHI – Sebanyak 2.040 pesilat dari seluruh Indonesia mengikuti Kejuaraan Pencak Silat Piala Kasad ke-1 Tahun 2023, yang resmi dibuka oleh Wakasad Letjen TNI Agus Subiyanto, di GOR Moh.Toha DISJAS TNI AD, Jl. Baros, Cimahi Jawa Barat, Jum’at (26/05/2023).

Kejuaraan terbuka tersebut digelar mulai tanggal 26 hingga 28 Mei 2023 dengan lingkup tingkat nasional. Adapun peserta yang terdaftar sebanyak 2.040 atlet yang bermain mulai dari kategori usia dini sejumlah 1.075 atlet pada tingkat SD 624 atlet dan SMP 451 atlet.

Pada kategori prestasi sejumlah 965 atlet dengan tingkat SMA/SMK 350 atlet dan umum 383 atlet. Pada kategori TNI-Polri terdapat 232 atlet dari TNI AD 173 atlet, TNI AL 13 atlet, TNI AU 5 atlet dan Polri 41 atlet.

Perlu diketahui, dari total peserta 2.040 pesilat terpaksa di stop oleh panpel, karena animo pendaftar yang membludak atau overload terus membanjiri untuk memaksa menjadi peserta.

Wakasad Letjen TNI Agus Subiyanto,  menyampaikan pesan KASAD bahwa setiap bangsa pasti memiliki warisan yang dapat dibanggakan, termasuk bangsa Indonesia yang terdiri dari ribuan suku memiliki banyak warisan dari para leluhur baik berupa budaya, tradisi dan adat istiadat. Salah satu warisan bangsa Indonesia tersebut yakni Pencak Silat.

Pencak Silat sendiri merupakan cabang olahraga beladiri asli nusantara yang memiliki unsur seni dan nilai budaya, bahkan menuntut konsentrasi tinggi dan pemikiran mendalam. Hal itu tentunya menjadikan pencak silat sebagai bentuk olahraga yang patut dipelajari yang tidak hanya bermanfaat untuk menyehatkan raga namun juga mempunyai nilai estetika dan menanamkan nilai-nilai norma dan budi pekerti sebagai warisan leluhur.

Baca Juga :  Dana Hibah Tak Kunjung Cair, KONI Audiensi Dengan DPRD Cimahi