West Java Youth Camp Hakordia, Kadisdik: Integritas Kunci Gapai Kebaikan di Masa Depan

SUMEDANG – Mereka yang berintegritas mulai dari sekarang akan berintegritas untuk masa yang akan datang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Wahyu Mijaya dalam West Java Youth Camp Hakordi0 Tahun 2023 di Bumi Perkemahan Kiara Payung, Kab. Sumedang, Minggu (12/11/2023).

Kadisdik menerangkan, integritas adalah kunci mencapai kebaikan di masa depan. “Artinya, itu akan memberi kebaikan untuk bangsa Indonesia. Mudah-mudahan, melalui kebaikan yag dimulai saat ini akan memberikan efek luar biasa,” tuturnya.

Kadisdik pun berharap, seratus peserta bootcamp ini meneruskan pesan baik terhadap siswa lainnya tentang pentingnya jiwa integritas. “Sehingga, bukan hanya seratus orang, tapi juga harus berlanjut ke seratus orang lainnya,” ucapnya.

Sementara itu, Pj. Gubernur Jabar, Bey Machmudin menilai, para siswa telah memahami arti integritas. “Tadi saya lihat ada kasus sederhana. Mereka sudah paham darmaji (dahar lima ngaku/mayar hiji) termasuk bagian dari korupsi, juga mencontek dan hal-hal kecil lainnya,” katanya usai mengukuhkan seratus duta integritas.

Ia menegaskan, hal-hal kecil seperti itu akan merusak generasi jika tidak dibenahi sejak awal. “Jadi, saya sangat mendukung (kegiatan seperti ini),” tambahnya.

Ia berharap, peserta bisa menjadi role model dan contoh bagi generasi muda. “Harus jadi role model bagaimana integritas harus dijunjung tinggi,” tegasnya.

Salah satu peserta, Dzaky mengaku mendapat banyak pelajaran dari kegiatan ini. Siswa SMAN 1 Cianjur ini semakin meyakini pentingnya karakter yang berintegritas dalam kehidupan.

“Kalau yang saya lakukan itu bener, kenapa (saya harus melakukan dengan cara yang) salah? Kita harus konsisten,” tutupnya. (Red).*

Baca Juga :  Pjs. Bupati Sukabumi Bersama KCD Wilayah V, Rakor Kaji Pembelajaran Tatap Muka