Pemkab Bandung Kembali Gelar Operasi Pasar Murah, 13.000 Liter Minyak Goreng Curah Digelontorkan

Bupati Bandung HM Dadang Supriatna didampingi Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bandung Dicky Anugrah saat menghadiri operasi pasar murah minyak goreng curah di Pasar Cicalengka Kabupaten Bandung, Sabtu (26/2/2022).

KAB.BANDUNG- Sejumlah pedagang terlihat berburu operasi pasar murah minyak goreng curah di Pasar Sehat Cicalengka Desa Cicalengka Wetan Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung, Sabtu (26/2/2022).

Operasi pasar minyak goreng curah itu merupakan program Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Pemkab Bandung yang diwakili Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bandung.

Sebanyak 13.000 liter minyak goreng curah digelontorkan oleh pemerintah untuk menstabilisasi harga serta pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat. Operasi pasar murah minyak goreng curah tersebut merupakan yang kedua kalinya, setelah sebelumnya dilaksanakan di Pasar Tradisional Ciwidey.

Bupati Bandung H.M. Dadang Supriatna didampingi Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bandung Dicky Anugrah, menghadiri dan meninjau langsung pelaksanaan operasi pasar murah minyak goreng curah di kawasan Pasar Sehat Cicalengka tersebut.

Dari rencana operasi pasar minyak goreng curah sebanyak 8.000 liter, dikarenakan permohonan dari para pedagang akhirnya ditambah 5.000 liter, sehingga totalnya 13.000 liter. Kendati demikian, minyak goreng curah itu tetap dipasarkan oleh para pedagang sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET), yaitu Rp 11.500 per liter.

Bupati pun berencana akan mengelar operasi pasar murah minyak goreng curah  secara serentak di Kabupaten Bandung pada Selasa (1/3/2022), dengan didistribusikan ke 31 kecamatan.

“Hari ini, saya menghadiri dan meninjau langsung operasi pasar murah minyak goreng curah di Pasar Cicalengka, bersama Pak Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bandung Dicky Anugrah,” kata Bupati Bandung Dadang Supriatna.

“Saat ini, minyak goreng cenderung mengalami kekurangan di pasaran. Pelaksanaan operasi pasar murah minyak goreng curah ini sudah dimulai dari Minggu kemarin di Pasar Ciwidey. Insya Allah nanti pada hari Selasa (1/3/2022) akan didistribusikan serentak di 31 kecamatan di Kabupaten Bandung. Sehingga diharapkan kedepannya tidak lagi mengalami kekurangan minyak goreng,” tegas orang nomor satu di Kabupaten Bandung.

Baca Juga :  Wakil Ketua DPRD Kota Bandung, Edwin Senjaya Terima Audiensi Pemuda Pengawas Kebijakan Publik

Apalagi, imbuh Dadang Supriatna, dalam waktu dekat ini, menghadapi bulan suci Ramadan. “Artinya, kita harus siap-siap dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian harus menghitung berapa kebutuhan bahan pokok masyarakat yang tentunya harus disiapkan. Supaya masyarakat nantinya tidak kebingungan disaat memasuki bulan suci Ramadan,” jelasnya.

Insya Allah, kata Bupati Bandung, bahwa pihaknya selalu berkoordinasi dengan pemerintah pusat melalui Kementerian Perdagangan dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Jabar yang terus berkolaborasi. 

“Diharapkan kedepan sudah mempersiapkan BUMD, sehingga memperlancar pemasok dan distribusi minyak goreng di Kabupaten Bandung,” pungkas Dadang Supriatna.

Turut hadir dalam operasi pasar, Kepala UPTD Pasar Cicalengka, Camat Cicalengka, Cucu Hidayat, Forkopimcam Cicalengka, tokoh masyarakat dan Ormas. Serta dari perwakilan Kementerian Perdagangan, dan Dinas Perdagangan Provinsi Jawa Barat. (Red).*