Berita  

Disbudpora Kabupaten Sukabumi Selidiki Penemuan Diduga Batu Dakon di Aliran Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi

Penemuan Batu Unik Diduga Peninggalan Prasejarah di Sungai Cikarang, Desa Ciracap, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

SILAT JABAR – Sejumlah warga di aliran Sungai Cikarang, Desa Ciracap, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, menemukan beberapa bongkahan batu yang unik, yang diduga sebagai batu dakon. Batu-batu ini diyakini sebagai peninggalan masa prasejarah, dikenal sebagai megalitik, karena memiliki ciri-ciri lubang atau cekungan pada permukaannya, menyerupai papan permainan tradisional dakon atau congklak.

Dalam kepercayaan lokal, batu dakon ini konon digunakan oleh nenek moyang untuk menentukan waktu tanam. Selain itu, ada juga penjelasan yang menyebutkan bahwa batu dakon berfungsi sebagai tempat sesaji yang digunakan oleh orang-orang pada masa lalu.

Baca juga: Disbudpora Kabupaten Sukabumi Kembali Gelar Seleksi Atlet untuk Popwilda I Jabar di Depok

Saat dikonfirmasi, Sekretaris Disbudpora Kabupaten Sukabumi, Yanti Irianti, mengonfirmasi bahwa pihaknya telah menerima laporan mengenai penemuan sejumlah batu unik yang diduga sebagai batu dakon di Desa Ciracap. Dia menyatakan bahwa pihaknya telah menginstruksikan tim untuk melakukan pemeriksaan terhadap bongkahan batu tersebut, untuk memastikan apakah merupakan artefak prasejarah atau situs yang dapat dianggap sebagai objek cagar budaya.

Tim tersebut direncanakan akan melakukan pemeriksaan lapangan pada Jumat, 19 April 2024. “Kita harus meninjau langsung di lapangan. Rencananya, besok akan ada tim yang melakukan investigasi di sana,” ujar Yanti secara singkat.*** (ADV)

Baca Juga :  Respon Cepat, Aparat Datangi Lokasi Tambak Udang di Karangpapak yang Dikeluhkan Warga