Next Post

PT. Pos Cisolok Siap Salurkan BST Kemensos-RI Tertunda

Cucu Rismana, Kepala Kantor Pos Cisolok. Sukabumi
Cucu Rismana, Kepala Kantor Pos Cisolok. Sukabumi

Reporter : Sopandi

Sukabumi, Silatjabar.com,- Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat. Alhamdulillah untuk warga Kecamatan Cisolok yang belum menerima Bantuan BST (Bantuan Sosial Tunai) Kemensos RI tahap I, yang sempat tertunda dikarenakan ada sebagian data yang tumpang tindih dan yang sudah meninggal serta pindah alamat.Sebesar Rp. 489 Juta Dana BST Kemensos Tidak Dicairkan Kantor Pos Cisolok, dananya parkir dimana ? Kini warga bisa menerimanya BST tersebut.

Menurut Cucu Rismana selaku Kepala Kantor Cabang PT. Pos Cisolok, menjelaskan, di ruang kerjanya,Selasa (9/6). BST yang sempat tertunda kemarin kini sudah bisa dicairkan atas intruksi pusat dan Dinsos Kabupaten Sukabumi.

“Kami dari Kantor Pos Cabang Cisolok, sekarang sudah bisa mencairkan dana BST Kemensos-RI, setelah mendapatkan keputusan resmi dari pusat. Dana yang kemarin Rp. 489.000.000,- (815 KPM X Rp. 600.000,-) masih ada di kantor kami (Kantor Pos Cabang Cisolok, tadi juga kami disini sudah rapat dengan pihak Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi,” Kata Cucu Rismana.

Baca Juga :
 

“Jadi dana itu masih ada di kami, karena itu hak masyarakat yang belum terbagikan. Nah sekarang sudah jelas ada intruksi kebijakan pusat untuk menyalurkannya, maka akan kami salurkan, mulai besok Rabu tanggal 10/06/2020. Untuk tehnisnya sesuai dengan perubahan Ijin dari pusat juga,” sambung dia.

Ditempat yang sama, Kasi Sosial Budaya Kecamatan Cisolok, Hesti,menyebutkan. Seluruh berkas sedang kami rekap.
Untuk yang meninggal tidak ada ahli warisnya (tunggal) tidak bisa disalurkan dan dikembalikan uang nya, itu hasil kordinasi dengan Kabid Linjamsos Dinsos Sukabumi.

“Alhamdulillah ini sudah ada jalan keluarnya. Mudah-mudahan sesuai jadwal dan tersalurkan kepada yang lebih berhak,” ungkapnya.

Terpisah,Kasie Data dan Informasi Kemiskinan Dinsos Kabupaten Sukabumi, Roni, memberitahukan bahwa, memang betul sudah bisa dicairkan. “Mengenai pencairan bagi penerima yang terdaftar di PT. Pos, untuk BST Kemensos tidak boleh penggantian langsung. Saya rapat sama PT. Pos Sukabuni di Cisaat, mengenai PT. Pos Cisolok tadi PT. Pos Sukabumi Konfirmasi Sama Pak Cucu Pos Cisolok,” Ungkapnya lewat sambungan Whatsapp.

Camat Cisolok,Kurnia Lesmana, membenarkan bahwa dana tersebut sudah bisa di cairkan mulai besok. “Iya betul sudah bisa dicairkan mulai besok Insha Allah. Ya tadi sudah dibahas bersama Kabid Linjmsos Dinsos Sukabumi, mudah-mudahan tidak ada kendala lagi, Aamiin.” Terang Camat.

Baca Juga :
 

“Walaupun kemudian hasil konfirmasi terakhir ke Kasi Sosbud Kecamatan Cisolok,hasil tadi di Kantor Pos.Teknis penyaluran masih tetap seperti yang awal, tidak berubah. Artinya data pengganti bagi yang sudah menerima bantuan dobel, tidak bisa langsung diganti dengan KPM lain untuk langsung bisa ngambil BST tersebut dari Pos. Tapi yg mengambil harus tetap yang tercantum di dalam daftar Nominatif yang ada di PT Pos,” tegasnya.

Kemudian uangnya baru bisa dialihkan ke KPM lain yang belum menerima bantuan melalui Berita Acara, kata dia. Ini pun masih tetap bermasalah bagi desa.

“Tadi sore pulang rapat saya sudah di tunggu beberapa kades untuk konsultasi masalah ini, karena tetap dilema. Tidak diambil, nanti di cut off data dan alokasinya oleh pusat.Kalau diambil berarti yang harus mengambil adalah KPM yang sudah menerima bantuan dari sumber yang lain,” tambahnya.****

Iklan :

4.5 2 votes
Article Rating
SILAT JABAR-TV STREAMING

silatjab

Silatjab adalah media informatif, edukatif dan transparansi.
iklan Bawah 2-c
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x